September

16

 2023

Promosikan Daerah Sentra Tenun Ikat Parengan, Lamongan Gelar Festival Mural

 prokopim
 120
 16-September-2023



Untuk menambah dan memperkuat branding Parengan sebagai Desa Devisa dengan produk khas tenun ikatnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Lamongan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan menggelar Festival Mural Tenun Ikat Parengan, pada Sabtu (16/9) di Area Dinding Tanggul Bantaran Sungai Bengawan Solo Desa Parengan Kecamatan Maduran. Selain sebagai media promosi daerah sentra tenun ikat, festival ini juga memberikan ruang ekspresi kepada seniman lukis Lamongan untuk meningkatkan kompetensi lukisnya, juga sebagai sarana edukasi siswa dalam mengasah kemampuan seninya.


Dikatakan Bupati Yuhronur Efendi yang turut hadir dalam kegiatan sekaligus meresmikan Gedung UMKM BUMDes Maju Sejahtera Desa Parengan, adanya kegiatan seperti ini tentu akan memperkuat branding desa, sekaligus sebagai media promosi pemasaran produk.


"Ya tentu ini akan semakin menambah dan memperkuat branding Parengan ini sebagai desa yang punya produksi yang sangat khas, yakni tenun ikat dan juga UMKM yang lain. Memang Parengan ini luar biasa, dan tentu dengan mural ini akan semakin memperkuat brandingnya dalam rangka promosi pemasaran produk-produk yang ada di sini," kata Pak Yes.


Pak Yes juga mengajak agar setiap orang turut serta menjadi marketer (pemasar), mempunyai kewajiban mengembangkan dan membudayakan tenun ikat sebagai komoditi yang nantinya akan dapat membangkitkan perekonomian daerah. Beliau juga mengajak untuk benar-benar memanfaatkan BUMDes sebagai wadah display UMKM Lamongan, bagi masyarakat yang berkunjung ke Parengan.


"Kita juga membuat rencana, master plan pariwisata terintegrasi yang akan kita lewatkan di Parengan ini, di Sendang Dhuwur, di Sunan Drajat, di Kemantren, dan sebagainya, sehingga ini menjadi rute wisata yang nanti bisa kita jadikan unggulan untuk Kabupaten Lamongan," tambah Pak Yes.


Festival Mural dengan tema 'Tenun Ikat Parengan' ini diikuti kurang lebih 150 pelukis perwakilan MA/SMA/SMK sederajat di Lamongan dan Komunitas Mural Lamongan yang tergabung dalam 22 tim.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023