September

14

 2023

Hadiri Pengukuhan GPMB Lamongan, Pak Yes Terus Ajak Gelorakan Perilaku Membaca

 prokopim
 112
 14-September-2023

Hadir dalam pengukuhan Pengurus GPMB (Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca) Kabupaten Lamongan masa bakti 2023-2027 pada Kamis (14/9) di Aula Cendikia Perpustakaan Daerah Lamongan, Bupati Yuhronur Efendi mengajak untuk terus menggelorakan minat baca masyarakat Lamongan, melalui pemberian fasilitasi ruang baca literasi hingga ke desa. Turut hadirnya Kepala OPD di Lamongan pada kesempatan tersebut, menurut Pak Yes merupakan bentuk tekad dan dukungan Pemkab Lamongan untuk menggelorakan minat baca.


"Ini menunjukkan bahwa tekad kita, semangat kita untuk terus menggelorakan gerakan membaca di Kabupaten Lamongan ini begitu hebat, karena kita semua tahu membaca ini adalah berhubungan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia, tidak ada rugi bagi orang yang membaca," kata Pak Yes.


Seperti diketahui, di Lamongan sendiri terdapat berbagai macam gerakan yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca, diantaranya yakni Gerlamsesaku (Gerakan Lamongan Sehari Satu Buku), Gerakan 18-21 untuk menjadikan waktu utama pada jam 18.00 WIB hingga 21.00 WIB menjadi lebih berkualitas, Celengam (Cerita Online Lamongan), juga Gerakan Lamongan Menghafal. Hadirnya GPMB ini kedepan diharapkan akan mampu membantu meningkatkan kualitas baca Lamongan yang sudah masuk dalam kategori tinggi.


"Kedepan GPMB Kabupaten Lamongan terus lebih meningkatkan kualitas baca Kabupaten Lamongan yang sudah dalam kategori tinggi. Tentu ini sangat berkorelasi dengan indeks pembangunan manusia yang terus kita dorong di Kabupaten Lamongan, supaya kita mempunyai daya tahan yang hebat," imbuh Pak Yes.


Dilaporkan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan Farah Damayanti Zubaidah, kajian tingkat kegemaran membaca (TGM) masyarakat untuk Kabupaten Lamongan tahun 2022 memperoleh skor 66, sudah masuk kategori tinggi dengan rincian indikator frekuensi membaca yang dilakukan per minggu rata-rata 5 sampai 6 kali memperoleh skor 72,5 kategori tinggi, durasi membaca per hari rata-rata 2 jam memperoleh skor 60,3 kategori tinggi, jumlah buku dibaca dalam jangka waktu 3 bulan rata-rata 5 sampai 6 bahan bacaan memperoleh skor 75,6 kategori tinggi, frekuensi akses internet atau bahan informasi per minggu rata-rata 5 sampai 6 kali memperoleh skor 74,6 kategori tinggi, dan durasi akses internet per hari rata-rata 2 jam memperoleh skor 65 kategori tinggi.


"Secara umum hasil TGM menunjukkan bahwa tingkat literasi masyarakat Kabupaten Lamongan sudah sangat baik. Kami mohon dukungan untuk mari kita bersama semakismal mungkin mengupayakan tigkat baca di Kabupaten Lamongan untuk mewujudkan generasi yang unggul, menuju kepada kejayaan Lamongan yg berkeadilan," ucap Farah Damayanti Zubaidah.

Pada kesempatan tersebut Pak Yes juga memberikan apresiasi kepada pengunjung teraktif Perpustakaan Umum Lamongan, dan kepada peminjam buku teraktif. Hadir pula Ketua PD GPMB Jatim Hasto Hendarto untuk mengukuhkan Pengurus GPMB Kabupaten Lamongan masa bakti 2023-2027 yang diketuai oleh Abdul Ghofur.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023