BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

Blusukan Ke Lamongan, Gubernur Khofifah Pastikan Ketersediaan Hewan Kurban Sehat dan Surplus

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M atau Hari Raya Kurban, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa blusukan ke Lamongan untuk memastikan hewan kurban yang ada di kota soto ini sehat, aman dan sah sesuai syariat.  


Kedatangannya di rumah ternak milik Haji Juri di Desa Wonokromo Kecamatan Tikung, Selasa (6/6/2023) disambut langsung Bupati Lamongan Yuhronur Efendi. 


“Kedatangan Saya kesini didampingi Bupati Lamongan beserta Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan baik Provinsi Jatim dan Lamongan untuk memastikan bahwa ketersediaan hewan kurban aman. Alhamdulillah kasus PMK selama 3 bulan terakhir ini sudah zero. Ini menjadi bagian penting untuk memastikan bahwa ternak baik itu sapi, kambing, domba, kerbau yang sekarang disiapkan untuk hewan kurban insyaAllah dalam keadaan sehat dan baik, karena sebelum disiapkan untuk menjadi hewan kurban tim dokter di berbagai tempat akan melakukan pengecekan. Begitu juga dengan penyakit LDS (Lumpy Skin Disease) juga sudah dilakukan vaksinasi LSD untuk hewan ternak,” ucap Khofifah. 


Selain sehat dan aman untuk dikonsumsi, lanjut Khofifah, ketersediaan hewan kurban di Jawa Timur juga harus memenuhi syarat sah hewan kurban. 


“Selain mengecek dari sisi kesehatan secara syariat juga harus siap. Seperti usianya, matanya yang jernih (tidak buta), tanduknya sempurna dan syarat-syarat lainnya. Ini upaya kita memberikan keyakinan kepada para pembeli,” imbuhnya. 


Dalam lawatannya tersebut, Khofifah juga mengabarkan bahwa stok hewan kurban di Jawa Timur mengalami surplus. Untuk itu, Beliau mengajak daerah-daerah yang kekurangan hewan kurban untuk mengakses hewan kurban dari Jawa Timur. 


“Saya ingin menyampaikan kepada kita semua bahwa di Jawa Timur ini baik sapi, kambing, domba maupun kerbau dalam keadaan surplus yang sangat besar, kebutuhan hewan kurban sapi untuk tahun 2023 yaitu sebanyak 56.851 ekor, sedangkan yang siap untuk hewan kurban ada 1.003.700. Sedangkan untuk Kambing, total ketersediaannya di Jatim mencapai 729.600 ekor sedangkan kebutuhannya 211.951 ekor, jadi surplusnya besar," ucap Khofifah. 


Mendampingi Gubernur Khofifah, Pak Yes dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa ketersediaan hewan kurban di Kabupaten Lamongan cukup dan terpenuhi. Sampai dengan Januari 2023 berdasarkan data BPS, populasi ternak sapi mencapai 93.891 ekor, kerbau 155 ekor, kambing 84.857 ekor, dan domba 67.594 ekor. Sedangkan pada tahun 2022 sebelunya pemotongan hewan kurban di Kabupaten Lamongan mencapai 5.294 ekor sapi, 15.764 ekor kambing, dan 4.220 ekor domba. 


“Tahun lalu pemotongan hewan kurban mencapai 5 ribu lebih sapi, tahun 2023 ini juga kita siapakan. Saat ini kita berada di kandangnya pak Haji Juri ada 173 hewan sapi dan di desa Wonokromo ini ada 500-600 hewan sapi. Semua hewan yang tersedia disini sudah di cek kesehatannya oleh dinas terkait dan dalam keadaan sehat dan sesuai syar’i,” ucap Pak Yes 


Di Kabupaten Lamongan sendiri terdapat 109 titik lokasi penjuakan hewan kurban yang tersebar di 27 kecamatan yang dapat diakses untuk kebutuhan hewan kurban jelang hari raya idul adha.