Juni

22

 2023

Efektif Tangani Kesehatan Mental, Bupati Yes Apresiasi Yayasan Berkas Bersinar Abdi Lamongan

Yayasan berkas bersinar abdi Lamongan sebagai pondok rehabilitasi mental yang dikelola AIPDA Purnomo, selaku Kanitbinpolmas Polres Lamongan, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, menilai efektif tangani masyarakat yang mengalami kesehatan mental atau ODGJ (orang dengan gangguan jiwa).

Kehiatan sosial yang sudah digeluti sejak 7 tahun lalu tersebut, Bupati Yes, apresiasi niat baik Purnomo dalam membantu dan membina ODGJ Lamongan.

“Alhamdulillah hari ini saya bisa berkunjung kembali, kita bisa langsung menyaksikan 137 jiwa yang menjadi bagian dari binaan dari yayasan. Tidalah salah kalau nanti mas pur mendapatkan penghargaan yang tidak hanya dari kami tetapi juga dari presiden. Karena yang dilakukan ini merupakan suatu yang luar biasa bagi para pasien jiwa atau ODGJ,” tutur Bupati Yes.

Sejalan dengan program pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Lesung Si Panji (Lenyapkan Pasung dan Manusiakan Pasien Jiwa) dengan 3 tahapan, Lamongan bebas pasing, dari pasung menjadi beruntung, menciptakan ragam kegiatan untuk ODGJ dapat kembali berkatya dan berdaya guna. 

Untuk mendukung hal tersebut, berbagai fasilitas telat disiapkan mulai dari pengadaan posyandu jiwa disetiap Puskesmas se-Kabupaten Lamongan yang di dalamnya terdapat kegiatan rutin setiap bulan yang ditujukan kepada ODGJ, memfokuskan penanganan kejiwaan di Rumah Sakit Karangkembang, membentuk Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM), dan menganggarkan obat gratis dari ABPD setiap tahunnya.

Hadirnya rehabilitasi metal yang di kelola Purnomo menjadi salah satu wadah untuk menciptakan Lamongan sehat jiwa.

“Pemerintah terus melaksanakan program kesehatan jiwa ada Lesung Si Panji. Adanya tempat ini saya merasa senang, karena pemerintah tidak dapat sendirian terima kasih Mas Purnomo, yang terus melakukan niat baik ini, tantangan kita untuk permasalahan jiwa bisa teratasi sebaik-baiknya,” imbuh Bupati Yes.

Mendapat dukungan dan respon baik dari Pemerintah Kabupaten Lamongan, Purnomo merasa senang sekaligus bangga, usaha yang dikerjakannya dapat memberikan dampak positif bagi Lamongan.

“Terima kasih kepada Puskesmas Karangpilang dan Rumah sakit Karangkembang karena kami sangat di bantu, yang setiap minggu Puskesmas Karangpilang datang membantu. Kegiatan ini dapat berlangsung karena dukungan dari Pak Bupati Pak Camat dan dimas kesehatan, puskesmas, dan rumah sakit,” ujarnya.

Meski yayasan yang dikelolanya tidak sepenuhnya gratis untuk semua orang, Purnomo tetap memprioritaskan bagi ODGJ yang keluarganya tidak sanggup merawat. 

“Sistemnya memang ada yang berbayar dan gratis

Namun kita tidak semuanya terima kita juga menilai dari latarbelakang keluarganya apakah mampu atau tidak, karena merawat anggota keluarga merupakan sebuah amalan besar,” katanya.

Web Instansi

Pengunjung

Hari Ini ..
Kemarin 0
Minggu Ini ..
Minggu Lalu 0
Bulan Ini ..
Bulan Lalu 0
Tahun Ini ..
Semua ..

© Pemerintah Kabupaten Lamongan 2022

#LaporPakYES