KECAMATAN KEDUNGPRING

Safari ramadhan

SAFARI RAMADHAN 1443 H/ 2022 M


Pelaksanaan Safari Ramadhan Kecamatan Kedungpring tahun ini tuntas susah. Hari Senin tanggal 18 April 2022 yang lalu, bertempat di Masjid Al-Ikhlas yang berlokasi di Dsn. Mekande, Desa Mekanderejo, Kec. Kedungpring dilakukan Safari Ramadhan yang terakhir tahun ini. Kegiatan ini merupakan rangkaian lanjutan Safari Ramadhan sebelumnya, diawali di Masjid Baiturrahman Desa Karangcangkring, Masjid Baitul Muttaqin Desa Kalen, Masjid Al Huda Desa Sidobangun dan terakhir Masjid Al-Ikhlas Desa Mekanderejo.


Kegiatan Safari Ramadhan di Desa Mekanderejo ini dihadiri oleh rombongan Tim Safari Ramadhan Kec. Kedungpring, yg terdiri atas Camat Kedungpring, Kapolsek Kedungpring, Danramil 0811/12, Ketua MUI Kec. Kedungpring, Korwil Dinas Pendidikan, Dinas PPKB, Dinas Pertanian, Puskesmas, SMA dan SMP Negeri se-Kec. Kedungpring, berikut jajaran staf, serta Perangkat Desa Mekanderejo dan segenap warga masyarakat Desa Mekanderejo. 


Acara didahului Sholat Isya berjamaah dilanjutkan Sholat Tarawih. Dalam safari ini, dilakukan penyerahan bantuan Operasional Masjid dan Mushaf Al Quran dari Tim Safari Kec. Kedungpring. Bantuan diberikan secara simbolis oleh Bapak Camat Kedungpring kepada Takmir Masjid Al-Ikhlas Desa Mekanderejo.


Dalam sambutannya, Camat Kedungpring Harwah Yutomo, SH, MM menyampaikan himbauan untuk tetap menjaga protokol kesehatan dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan kali ini. Banyak kelonggaran dalam beribadah, daripada tahun tahun sebelumnya sejak adanya pandemi Covid-19. Hal ini patut kita syukuri sekaligus kita jaga dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, pungkasnya.


Acara dilanjutkan dengan penyampaian taushiyah agama dari MUI Kec. Kedungpring. Untuk kesempatan kali ini, disampaikan oleh Ust. Drs. Ihsan Budiono, M.Pd. Dalam ceramahnya, beliau menekankan untuk senantiasa meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah. Kesalehan dapat dibagi-bagi menjadi kesalehan ritual, kesalehan sosial, kesalehan spiritual, dan kesalehan publik. Kesalehan ritual dalam hal ini adalah terkait dengan kesalehan seseorang dalam menjalankan ibadah ritual, seperti sholat, membaca qur’an, zakat, dan lainnya. Kesalehan spiritual adalah terkait derajat keimanan seseorang kepada Allah SWT. Kesalehan sosial adalah terkait kepekaan dan jiwa social seseorang, hubungan dengan sesama manusia dalam hidup bermasyarakat. Adapun kesalehan publik, menekankan pada kesalehan pemegang amanah, pejabat-pejabat publik dalam menjalankan amanah yang diberikan kepadanya. Keempat kesalehan tersebut harus kita miliki dan semata-mata guna beribadah kepada Allah SWT. Semoga kita tergolong hamba-hamba Nya yang beriman dan bertaqwa, senantiasa dalam naungan ridho Allah SWT. Aamiin YRA. (Nk14)