Maret

01

 2022

PAK YES SAMBANG DESA

 kedungpring
 689
 01-Maret-2022

PANEN RAYA KEDUNGPRING

Kedungpring (26/2) - NTP (Nilai Tuikar Petani) Kabupaten Lamongan naik sekitar dari tahun 2020 sebesar 104 % tahun 2021 sebesar 106 %. Artinya keuntungan petani semakin meningkat. Hal tersebut disampaikan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat melakukan panen raya padi di Desa Sidomlangean Kedungrping, Sabtu (26/2).

Lebih lanjut Bupati Yuhronur mengatakan, basis PDRB Kabupaten Lamongan didukung sektor pertanian. Hal tersebut merupakan nilai lebih, karena masih bisa bertahan di tengah gempuran pandemi, bahkan nilai produksi pertanian meningkat.

“Bisa dibandingkan dengan daerah lain yang basisnya sektor lain yang tidak bisa berjalan dengan baik ketika pandemi. Lamongan alhamdulillah, meski sempat terkontraksi merosot masih bertahan di tengah pandemi, karena PDRB nya sebagian besar didukung pertanian,” ujar Pak Yes.

Pak Yes menambahkan, ke depan akan terus dilakukan evaluasi agar pertanian di Kabupaten Lamongan semakin baik. Dengan dukungan infrastruktur maupun ketersediaan pupuk. Namun demikian Pak Yes mengingatkan agar petani Lamongan mulai belajar mandiri dan tidak tergantung dengan pupuk subsidi, karena ada rencana pemerintah pusat untuk menarik subsidi pupuk.

“Saya selalu dititpi sama Kementerian untuk disampaikan kepada amsyarakat agar mulai tidak bergantung dengan pupuk subsidi, gunakan pupuk organik, petani harus mandiri dan kuat untuk membuat pupuk sendiri sesuai dengan kearifan lokal di wilayah masing-masing,” pesan pak Yes.

Terkait dengan peralatan pertanian, Pak yes menuturkan, pemkab terus berupaya agar pertanian modern dikembangkan oleh masyarakat di Kabupaten Lamongan, sehingga Lamongan terus menjadi penipang lumbung pangan nasional maupun Jawa Timur.

“Hari ini tepat satu tahun dibawah kepemimpinan saya bersama wakil bupati, dan kami akan terus melakukan evaluasi apa yang telah kami kerjakan, juga memantau implementasi apa yang bisa kami lakukan untuk masyarakat Lamongan sehingga dapat mewujudkan kejayaan Lamongan yang berkeadilan,” pungkas Pak Yes.

Sementara itu, kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lamongan, Sukriyah dalam laporannya mengatakan, target luas panen tahun 2021-2022 adalah sebesar 152.333Ha untuk luas tanam, dan telah terealisasi 69.619 Ha. Sedangkan untuk Desa Sidomlangean target luas panen 229 Ha, telah terealisasi 69 Ha.

“Kami terus upayakan sehingga ke depan produksi pertanian di Kabupaten Lamongan akan terus naik baik kualitas maupun kuantitas. Untuk itu kami telah mengembangkan inovasi diantaranya MTS di 6 lokasi, juga penanggulangan hama diantaranya dengan Rubuha,” terang Sukriyah.

Dalam Panen Raya ini, Rombongan Pak Yes disambut oleh Camat Kedungpring beserta seluruh jajaran Staf dan Kepala Desa. Kades Sidomlangean DARIYANTO, menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada Pak Yes yg berkenan mengunjungi Desanya. Terlebih lagi, Panen Raya ini merupakan rangkaian acara peringatan 1 tahun pemerintahan Yesbro. "Sebuah kehormatan bagi masyarakat Kedungpring khususnya Sidomlangean", pungkasnya.

Kiranya Panen Raya ini memberikan berkah untuk para petani khususnya warga masyarakat Kedungpring. Semoga

(sumber: @humas_lamongan/ diolah)

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Kecamatan Kedungpring

Kontak

Alamat : Jalan Basuki Rahmad Kec. Kedungpring
kedungpring@lamongankab.go.id
(0322)451916

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan 2023