DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA

Pemerintah Kabupaten Lamongan , Jawa Timur, menggelar layanan KB dengan Metode Operasi Wanita (MOW) secara gratis untuk Masyarakat Umum


Kegiatan Pelayanan KB MOW Hari Selasa, 1 Nopember 2022 yang dilaksanakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarha Berencana bersama RSUD SOEGIRI LAMONGAN telah Melayani 9 calon akseptor. (1/11/2022)

Calon Akseptor berasal dari kecamatan sugio 1 akseptor, kecamatan lamongan 2 calon akseptor, kecamatan sukodadi 1 akseptor, kecamatan sekaran 2 akseptor, kecamatan sarirejo 1 akseptor dan kacamatan kembangbahu 2 akseptor. 


Setelah dilakukan skreening ada 7 akseptor yang lolos skreening dan sudah dilayani.

Sampai saat ini Total ada127 akseptor yang sudah terlayani dari target sebanyak 129 Akseptor di tahun 2022 ini", tegas kabid kbpp dinas ppkb.

Program ini bekerja sama dengan rumah sakit. Untuk kegiatan pelayanan KB MOW tersebut dilakukan di RSUD DR. SOEGIRI DAN RSIA FATIMAH yang dilakukan secara terjadwal dan bertahap. jelas kabid kbpp dinas ppkb.

Juga disampaikan bahwa masyarakat yang ingin mendaftar sebagai akseptor bisa menghubungi penyuluh KB atau kader di sekitar tempat tinggal mereka. Masyarakat juga diimbau tidak perlu takut ikut MOW sebab tidak berbahaya.

Kabid kbpp juga menambahkan, program ini juga digelar sebagai upaya agar keluarga lebih sejahtera dan mencegah stunting pada anak. Terjadinya stunting karena salah satunya dari jumlah anak yang banyak dan tidak terurus baik dari gizi, pola asuh, maupun pendidikan.

Pemasangan kontrasepsi tersebut ditangani langsung oleh dokter spesialis yaitu dr. RIJANTO AGOENG BASOEKI, Sp.Og.