DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA

BUPATI LAMONGAN LAUNCHING LAMONGAN MENUJU ZERO STUNTING


        Dalam rangka memperingati Hari Jadi Lamongan ke 453 dan Hari Keluarga Nasional yg ke 29 Dinas PPKB pada tanggal 31 Mei 2022 bertempat di Gedung Pertemuan Gajah Mada Lantai 7 menyelenggarakan Lounching Lamongan menuju zero stunting dan pengukuhan Bunda Genre Kecamatan sebagai duta penurunan stunting serta Rakor dan Komitmen bersama TPPS, Tokoh agama dan mitra kerja Lamongan. Dihadiri oleh Bupati Lamongan, Wakil Bupati Lamongan, Forkompimda, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Persit, Ketua Bhayangkari, Kepala Dinas terkait, Camat Se-Kab, Ketua PKK Kecamatan Se-Kab, Kepala Puskesmas Se-Kab, Kepala KUA Se-Kab, Korwil PPKB kec, Kades dan Ketua PKK Desa, TPK dan mitra kerja lainnya. 


        Acara diawali dgn Pengukuhan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan sebagai Bunda Genre Kecamatan menjadi duta penurunan stunting oleh Ibu Hj. Anis Kartikawati, S.Kep. Ners sebagai Bunda Genre Kabupaten Lamongan, dilanjutkan penandatangan Komitmen bersama para Kepala OPD dan pemangku kepentingan terkait. Kemudian Penyerahan secara simbolis bantuan Pulsa kepada Tim Pendamping Keluarga (dari Nakes, kader PKK dan Kader Kb). Dan Launching Lamongan menuju zero Stunting ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Lamongan. 


        Dalam sambutannya Bupati Lamongan Bpk Dr. H. Yuhronur Efendi, MBA memberikan penekanan tentang penting sinergitas, koordinasi dan kerja semua sektor kesehatan maupun non kesehatan. Selanjutnya Wakil Bupati Lamongan Bpk. KH Abdul Rouf sebagai Ketua Tim Percepatan penurunan stunting Kabupaten Lamongan menyampaikan telah dibentuk Tim Pendamping keluarga (TPK) sebanyak 1.036 dengan anggota semuanya berjumlah 3.108. Juga menjelaskan tentang tugas dan fungsi TPPS serta tugas TPK. Apabila semua OPD, pemangku kepentingan, TPPS dan TPK dapt menjalankan tupoksinya dan bekerja sama dengan baik, harapan Lamongan menuju zero stunting dapat dicapai.