Masuk 15 Even Unggulan Jatim, Festival Kupat Gunungan di WBL Lamongan Meriah, Pengunjung Berebut

 Festival Kupat Gunungan yang diadakan di Kecamatan Paciran, tepatnya di area parkir WBL (Wisata Bahari Lamongan), berlangsung meriah,  Sabtu (29/4/2023). 

Para pengunjung berebut ribuan kupat yang telah disediakan dalam festival tersebut.
 
Festival kupatan ini termasuk salah satu dari 15 even unggulan Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang telah dikurasi pada bulan Oktober 2022.

Festival ini juga dihadiri oleh para pengunjung dari berbagai daerah, seperti Tuban, Bojonegoro, Surabaya, dan sekitarnya.
Ada serangkaian acara yang menyemarakkan festival ini, di antaranya pawai budaya, kenduri kupatan di Pantai Tanjung Kodok, drama kolosal sejarah kupatan, hingga rebutan 1000 kupat gratis bagi para pengunjung.
 
Tidak hanya itu, kupat yang tersedia dalam festival ini juga memiliki jenis beragam seperti kupat beras, kupat ikan, lepet yang terbuat dari ketan, dan lainnya.
Sekda Lamongan, Moh. Nalikan, mengungkapkan bahwa festival ini selain sebagai ajang silaturahim juga digelar untuk melestarikan budaya yang dilakukan oleh masyarakat Pantura Lamongan sejak dulu.
 
"Kupat maknanya adalah ngaku lepat, manusia tempatnya salah, sehingga harus saling memaafkan dan guyub rukun. Semoga segala inovasi dan kreasi masyarakat dalam festival ini membawa berkah dan mampu mewujudkan Lamongan yang berkejayaan dan berkeadilan," ucap  Nalikan
Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan, Siti Rubikah, menjelaskan, bahwa festival ini merupakan tradisi peninggalan Sunan Sendang Dhuwur, yang telah terpilih menjadi salah satu kurasi event Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada tahun 2023.
 
 "Festival kupatan atau tradisi kupatan di Tanjung Kodok telah ada sejak zaman Sunan Sendang Dhuwur. Beliau adalah tokoh yang menyebarkan agama Islam di pulau Jawa, khususnya di daerah Paciran dan sekitarnya," ujarnya.

Lebih lanjut Rubikah mengatakan, festival ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, seperti pawai gunungan ketupat, di mana ketupat disusun menjadi gunungan besar, yang kemudian diarak dari terminal Paciran melewati wisata Maharani Zoo and Goa (MZG) dan berakhir di Area Parkir Timur WBL Paciran.
 
 "Konten utama dari kegiatan festival kupatan ini adalah seni budaya pertunjukan dan kuliner. Salah satu tujuannya adalah untuk mendorong dan meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Lamongan," tandasnya.

Sumber : koranmemo.com
 disparbud
 394
 29-April-2023

Kontak


Jl. Sunan Giri No.1, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62215, Indonesia

web :

1. lamongankab.go.id


Play Store :

disparbud@lamongankab.go.id
(0322) 311919

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan 2023
Theme system: west