Luncurkan Kalender Event, Pertegas Lamongan sebagai Tujuan Destinasi Wisata Favorit

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengatakan, pihaknya terus berupaya mengoptimalkan potensi alam, pariwisata, budaya dan seni di Kabupaten Lamongan dengan mengintegrasilan menjadi destinasi wisata berkemajuan, melalui program pariwisata ramah dan terintegrasi melalui inovasi Ramasinta yang digagas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan.

Memiliki banyak destinasi, desa wisata, berbagai festival seni, budaya, dan kuliner yang terintegrasi, juga telah ditetapkannya Ritual Mendhak Sangring dan Perahu Ijon-sebagai warisan budaya tak benda asli Lamongan. Hal ini, kata Yuhronur, merupakan bukti bahwa Lamongan memang kaya akan budaya. Selain itu, potensi wisata, UMKM serta kekayaan budaya yang terintegrasi melalui Program Ramasinta ini akan semakin dikenal khalayak dengan adanya kalender event.

“Untuk mempertegas status Lamongan sebagai tujuan destinasi wisata favorit di Jawa Timur, kami mempersembahkan Kalender Event Lamongan Tahun 2023 yang di dalamnya ada 37 event salah satunya yakni Festival Kupatan Tanjung Kodok yang menjadi event pembuka pada kalender event Jawa Timur di tahun 2023,” terang Yuhronur, Selasa (28/2/2023).

Menurutnya, melalui kalender event Lamongan akan semakin dikenal dan menjadi destinasi favorit Jatim maupun nasional. Sebanyak 37 event yang terdapat dalam Kalender Event Lamongan Tahun 2023 ini dimulai dengan Ruwahan Sendangduwur, Grand Final Pemilihan Duta Generasi Berencana Lamongan, Haul Sunan Drajat, Pawai Ogoh Ogoh Balun, Meg Ramadhan Festival, yang dijadwalkan terlaksana di bulan Maret. Selain itu juga terdapat Festival Lamongan Tempo Doeloe, Lamongan City Run, Lamongan Muharram Festival, Grebeg Suro, Festival Gandrung Rajungan, Pesta Buah Latukan, dan masih banyak event lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga mengungkapkan, fokus pembangunan di tahun 2023 yang mengambil tema “Penguatan Daya Saing SDM, Penunjang Sosial Ekonomi dan Pemberdayaan yang Inklusif”. Fokus pembangunan tersebut yakni Jamula 22 ruas jalan kabupaten dan ring road utara serta pemeliharaan ruas jalan, percepatan penanganan dan pengendalian banjir, pembangunan showroom UMKM dan pemerataan pembangunan menuju desa mandiri melalui pemberian dana dusun, peningkatan program lumbung pangan, peningkatan layanan kesehatan dengan pembangunan RS Pantura, melanjutkan program Perintis, serta transformasi tata kelola pemerintahan untuk mendekatkan akses pelayanan publik.

“Saya bersama Pak Yai Rouf memohon doa restu untuk melanjutkan sisa pengabdian ini, saya juga mengajak untuk senantiasa menjaga kebersamaan, membangun persepsi, ritme dan irama yang sama untuk menjemput asa kejayaan,” harapnya

Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan Moh Nalikan menjelaskan, kegiatan peluncuran Kalender Event Lamongan Tahun 2023 ini didasari atas semangat memperkenalkan potensi Kabupaten Lamongan di berbagai sektor, kepada khalayak baik regional maupun nasional.

“Hal ini sangat penting karena sejauh ini segala potensi tersebut terkadang hanya dapat kita ketahui di lingkup kita sendiri. Maka mari bersama kita mulai tahun 2023 ini, kita gelorakan semangat menyampaikan, memperkenalkan, dan mengkampanyekan, semua potensi keunggulan Kabupaten Lamongan,” pungkasnya.

Sumber : poskota.co

 disparbud
 487
 28-Februari-2023

Kontak


Jl. Sunan Giri No.1, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62215, Indonesia

web :

1. lamongankab.go.id


Play Store :

disparbud@lamongankab.go.id
(0322) 311919

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan 2023
Theme system: west