Disparbud Lamongan Launching Kalender Event Pariwisata 2023

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) melaunching kalender event pariwisata 2023, di Cafe Tebing, Desa Sendangagung, Kecamatan Paciran, Lamongan, Senin malam (27/2/2023).

Secara simbolis, launching kalender event pariwisata itu ditandai dengan scanning barcode yang dilakukan oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, serta diiringi oleh atraksi tarian Lampah Cucuk yang diperagakan oleh dua penari putri terbaik Lamongan.

Launching ini berlangsung cukup meriah dengan hadirnya grup musik Sendakala (Seniman Muda Kabupaten Lamongan) yang menyajikan lagu ‘Ronggo Hadi’ dan sejumlah karawitan pop lainnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Yuhronur menyampaikan bahwa peluncuran kalender event pariwisata ini untuk mempertegas Lamongan sebagai kota destinasi favorit wisata. Pihaknya menyebut, terdapat 37 event yang tercatat dalam kalender program Ramasinta (pariwisata ramah dan terintegrasi) itu.

“Untuk mempertegas status Lamongan sebagai tujuan destinasi wisata favorit di Jawa Timur, kami mempersembahkan kalender event Lamongan Tahun 2023. Di dalamnya ada 37 event, yang salah satunya yakni Festival Kupatan Tanjung Kodok yang menjadi event pembuka pada kalender event Jawa Timur tahun 2023,” ujarnya.

Bupati Yuhronur juga menuturkan bahwa potensi alam, pariwisata, UMKM, kekayaan budaya dan seni di Kabupaten Lamongan terus dioptimalkan dan diintegrasikan menjadi destinasi wisata berkemajuan. Sehingga dengan adanya kalender event itu, seluruh potensi di Lamongan semakin dikenal luas.

“Melalui kalender event ini saya meyakini Lamongan akan semakin dikenal dan menjadi destinasi favorit Jawa Timur maupun nasional,” tandasnya.

Seperti diketahui, Lamongan memiliki banyak destinasi, mulai dari desa wisata, festival seni, budaya, dan kuliner yang terintegrasi. Selain itu, Lamongan juga memiliki Ritual Mendhak Sangring dan Perahu Ijon-Ijon yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda asli Lamongan. Hal itu jadi bukti bahwa Lamongan sangat kaya akan budaya.

Adapun 37 event yang terdapat dalam kalender event Lamongan tahun 2023 itu dimulai dengan Ruwahan Sendangduwur, Grand Final Pemilihan Duta Generasi Berencana Lamongan, Haul Sunan Drajat, Pawai Ogoh-ogoh Balun, Meg Ramadhan Festival, yang dijadwalkan terlaksana di Bulan Maret.

Selain itu, juga terdapat Festival Lamongan Tempo Doeloe, Lamongan City Run, Lamongan Muharram Festival, Grebeg Suro, Festival Gandrung Rajungan, Pesta Buah Latukan dan masih banyak event lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Disparbud Lamongan, Siti Rubikah mengungkapkan bahwa peluncuran kalender event pariwisata 2023 ini merupakan bagian dari prioritas program dan inovasi 2023 dari Disparbud.

Selain meluncurkan kalender event pariwisata 2023, sambung Rubikah, Disparbud juga menggalakkan program lainnya yang meliputi pembangunan balai seni dan budaya, pelaksanaan event budaya, pariwisata dan ekonomi kreatif.

Lalu penataan kawasan wisata religi makam Sunan Drajat dan Waduk Gondang, integrasi wisata desa, opening museum daerah, dan optimalisasi potensi ekonomi kreatif sebagai penunjang sektor pariwisata.

“Alhamdulillah hari ini, sudah diluncurkan kalender event Pariwisata 2023. Harapan kami, nantinya kunjungan wisatawan di Lamongan semakin meningkat seperti harapan Pak Bupati bahwa destinasi Wisata di Lamongan nantinya bakal menjadi favorit dari wisatawan,” papar Rubikah.

Berdasarkan pantauan beritajatim.com di lokasi, peluncuran kalender event pariwisata ini dihadiri oleh Forkopimda, seluruh jajaran pejabat Pemkab Lamongan, mulai dari Kepala OPD, Camat dan Kepala Desa, pelaku wisata dan ekonomi kreatif, tokoh masyarakat, dan lainnya.

Seluruh hadirin pun tampak menikmati pesona yang ditawarkan oleh Cafe Tebing yang berada di kecamatan Paciran. Tersuguhkan panorama dari atas ketinggian dengan pandangan yang luas tanpa batas, sembari diiringi semilir angin dari perbukitan.

Hadirin juga dibuat sangat betah di tempat ini. Suasana Kafe Tebing di malam hari yang begitu indah ditambah cakrawala kawasan Paciran dengan background rumah pedesaan yang nampak kecil-kecil dari kejauhan yang akan sangat sayang untuk dilewatkan.

Sumber : beritajatim.com

 disparbud
 469
 28-Februari-2023

Kontak


Jl. Sunan Giri No.1, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62215, Indonesia

web :

1. lamongankab.go.id


Play Store :

disparbud@lamongankab.go.id
(0322) 311919

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan 2023
Theme system: west