3 Minuman Khas Lamongan, Dijamin Ketagihan

Bagi sebagian orang, kuliner kerap menjadi salah satu alasan untuk berkunjung ke daerah tertentu. Bahkan, banyak orang yang rela datang jauh-jauh ke luar kota hanya untuk mencicipi makanan atau minuman favoritnya.

Nah, kalau Anda berkunjung ke Kabupaten Lamongan, maka anda akan disuguhkan beragam kuliner menarik dan bisa membuat lidah Anda bergoyang, tak terkecuali minuman khas Lamongan yang dijamin bikin anda ketagihan.

Berikut adalah tiga minuman khas Lamongan yang berhasil dirangkum oleh beritajatim.com. Ketiga jenis minuman yang segar ini juga mungkin saja sangat jarang dijumpai di daerah lainnya. Selain itu, penikmatnya juga dijamin ketagihan, apakah anda berani mencobanya?


1. Minuman Khas Lamongan: Legen

Legen adalah minuman tradisional yang banyak ditemukan di wilayah Pantura Lamongan, utamanya di Kecamatan Paciran. Legen merupakan minuman yang terbuat dari bunga pohon siwalan jenis betina. Bunga tersebut berbentuk sulur.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan, Siti Rubikah, sulur bunga pohon siwalan atau pohon lontar itu dipotong sedikit demi sedikit untuk disadap getahnya. Getah ini lalu ditampung pada sebuah tabung yang bernama bumbung, terbuat dari potongan bambu satu ruas.

“Nama ‘legen’ berasal dari kata dasar ‘legi’ (Bahasa Jawa), yang berarti manis. Sesuai dengan rasa legen itu sendiri,” ujar Rubikah, Minggu (8/1/2023).

Mengenai waktu penyadapannya, Rubikah menjelaskan, biasanya berlangsung selama semalam, yang dimulai pada sore hari.

Bumbung sebagai wadah penyadapannya itu ditaruh tepat pada bawah bunga pohon siwalan, yang diletakkan oleh petani dengan cara memanjat.

“Satu manggar bunga biasanya menghasilkan 3 sampai 6 tabung legen. Minuman tradisional ini dijual dengan harga Rp5.000 per gelasnya. Banyak ditemukan di warung-warung yang berada di sepanjang jalan raya Paciran,” katanya.


2. Minuman Khas Lamongan: Es Dawet Siwalan

Salah satu minuman khas Lamongan yang sangat populer dan begitu dikenal masyarakat adalah es dawet siwalan. Es ini berisikan buah dari pohon siwalan yang dipotong-potong dalam bentuk kecil.

“Es dawet siwalan ini juga minuman khas Lamongan yang banyak diburu oleh masyarakat, karena termasuk jarang ditemui di tempat lain. Di Lamongan, es dawet siwalan ini banyak ditemukan di kawasan Pantura Lamongan,” tutur Rubikah.

Kemudian untuk pembuatannya, Rubikah menjelaskan, es dawet ini menggunakan santan dan sirup gula merah. Rasa es dawet siwalan ini sangat khas, yakni manis, legit, gurih dan segar.

“Es dawet ini tersedia di warung-warung pinggir jalan, khususnya di Kecamatan Paciran. Warungnya merupakan bangunan terbuka yang terbuat dari kayu. Es dawet siwalan dijual dengan harga Rp5.000 per gelasnya,” sebutnya.


3. Minuman khas Lamongan: Es Batil

Mungkin bagi pembaca, nama es batil ini begitu unik. Disebut es batil karena memang berisikan batil, makanan yang mirip dengan roti dan terbuat dari tepung beras dan ragi. Es ini begitu laris dan ramai diburu oleh para penikmatnya.

“Es batil ini sangat enak dan segar. Batil ini skilas mirip roti, terbuat dari tepung beras dan ragi. Batil sebetulnya juga enak jika dimakan secara langsung. Tapi di sini, batil diiris-iris lalu dicampur dengan es dan sirup gula. Es ini juga bisa disebut dengan dawet batil,” papar Rubikah.

Bagi para pecinta kuliner yang penasaran dan tak sabar untuk mencicipi es dawet batil ini, bisa langsung datang ke warung Ibu Bayanah, yang berlokasi di Desa Bulubrangsi, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan. Harganya cukup terjangkau, hanya Rp6 ribu per porsinya.

Lebih lanjut, selain berisi batil, es ini juga berisikan buah siwalan yang dipotong-potong kecil mirip dadu. Terdapat juga kacang hijau, dawet hijau, serta agar-agar yang diparut, lalu dicampur santan dan es batu.

“Warung Bu Bayanah yang menjual es batil ini selalu ramai diserbu pengunjung. Berdiri sejak tahun 1990. Es seperti ini sangat jarang ditemukan di tempat lain. Rasanya begitu segar dan dijamin penikmatnya bakal pengen beli lagi,” tandasnya.


Sumber : beritajatim.com

 disparbud
 2094
 10-Januari-2023

Kontak


Jl. Sunan Giri No.1, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62215, Indonesia

web :

1. lamongankab.go.id


Play Store :

disparbud@lamongankab.go.id
(0322) 311919

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan 2023
Theme system: west