Pemerintah Kabupaten Lamongan Raih Penghargaan Penanganan Konflik Jatim

Pemerintah Kabupaten Lamongan ditetapkan sebagai Kabupaten yang berhasil melakukan penanganan konflik sosial peringkat pertama se Jawa Timur. Pencapaian tersebut mendapatkan apresiasi dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa atas capaian kinerja pelaporan pelaksanaan rencana aksi terpadu penanganan konflik sosial Kabupaten/kota se-Jatim tahun 2019/2020.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Seluruh masyarakat dan stakeholder yang berperan dalam menjaga Lamongan agar tetap kondusif. Bahkan, melalui perencanaan aksi yang matang, membuat Lamongan berhasil menjadi Kabupaten dengan penanganan konflik sosial peringkat pertama se Jatim. “Saya sampaikan terima kasih dan terus tingkatkan kinerja untuk Lamongan lebih baik lagi dan Berjaya,” tutur Bupati Yes sapaan akrabnya.

Kepala Bakesbangpol Lamongan Dianto Hari Wibowo menjelaskan, indikator yang paling penting dalam penanganan konflik ialah memetakan risiko konflik yang terjadi di daerah. Karena semua kegiatan pemerintahan maupun swasta berpotensi menimbulkan konflik dengan kategori yang berbeda. Karena itu, dilakukan analisis pra, saat dan setelah. Selanjutnya, jelas dia, melakukan koordinasi dengan Polres, Kodim, kejaksaan dan instansi terkait melalui rapat dan pertemuan khusus. Kemudian mencari jalan keluar dengan komunitas intelejen daerah (Kominda). Hasilnya dilaporkan ke Forkopimda. “Laporannya lengkap, mulai dari perencanaan, pemecahan melalui rapat atau koordinasi dan penyampaian hasil dilengkapi dokumentasi data dan foto lengkap sebagai pendukungnya,” jelasnya.

Dianto mengatakan, setiap kejadian dibuatkan laporan terstruktur yang diteruskan ke provinsi. Sehingga ada buktibukti yang jelas dan berjenjang. Mulai dari perencanaan aksi, aksi, hingga pemecahan masalah atau solusi. Sehingga ketika terjadi konflik sudah ada solusi penanganan yang tepat. “Selain perencanaan, kita juga melakukan analisis pemecahan masalah melalui rapat, koordinasi lintas sektor untuk mendapatkan solusi terbaik kemudian dilakukan pelaporan,” terangnya.


Sumber : radarbojonegoro.jawapos.com

 disparbud
 760
 21-Juni-2022

Kontak


Jl. Sunan Giri No.1, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62215, Indonesia

web :

1. lamongankab.go.id


Play Store :

disparbud@lamongankab.go.id
(0322) 311919

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan 2023
Theme system: west