April

30

 2022

Rekomendasi Wisata di Lamongan

 disparbud
 2135
 30-April-2022

Berbicara mengenai tempat wisata yang ada di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, pasti yang terlintas dalam pikiran adalah Wisata Bahari Lamongan atau WBL. Padahal, tempat wisata yang ada di Lamongan ternyata bukan hanya WBL saja lho.

Lamongan memiliki sederet wisata alam, wisata buatan, bahkan wisata religi. Tempat-tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama orang-orang tercinta.

Gunung Pegat
Bagi warga Lamongan, nama Gunung Pegat sudah tidak asing lagi. Kisah yang melatar belakangi Gunung Pegat ini sudah sangat terkenal sejak era kolonial hingga era modern saat ini. Gunung Pegat ini terletak di Desa Karang Kembang, Kecamatan Babat. Jika Anda sedang melakukan perjalanan dari arah Babat menuju Jombang atau dari arah Jombang menuju Babat. Anda akan melewati gunung ini yang melintasi Jalan Raya Babat-Jombang dari timur-barat.

Wisata Air Panas Brumbun
Sejak tahun 2006, pemandian ini telah dijadikan sebagai tempat wisata. Air dialirkan dari kolamkecil tempat sumber air panas yang keluar dari bawah tanah, tepat di bawah sebuah pohon besar. Sebelumnya tempat ini hanya berupa dua kolam kecil dengan dinding yang sebagai besar dari batu-batuan. Sekrang meski tidak banyak perubahan, dua kolamnya telah direnovasi menjadi kolam yang lebih besar dan terbuat dari semen.

Goa Maharani
Wisata Goa Maharani ini berada di Jalan Raya Paciran, Paciran, Kabupaten Lamongan. Goa Maharani ini ditemukan pada 6 Agustus 1992 oleh Bupati Lamongan waktu itu, Muhammad Faried. Goa ini ditemukan tanpa sengaja.
Goa ini terletak di dalam tanah dengan kedalaman 25 meter dari permukaan tanah dan luas rongga sekitar 2.500 meter. Karena memiliki keindahan berupa staliktit dan stalakmit aktif yang menarik, maka goa tersebut dibuat sebagai temoat wisata dan resmi dibuka pada 10 Maret 1994.

Telaga Sadang
Tempat wisata ini berada di Desa Bluri, Kecamatan Solokuro, Lamongan. Telaga Sedang ini merupakan sebuah kawasan wisata yang terbentuk dari hasil bekas galian tambang batu kapur yang berada di kabupaten tersebut.
Wisata ini memiliki nuansa yang sama dengan Bukit Jaddih yang ada di Pulau Madura. Keduanya sama-sama terbentuk karena tambang batu kapur yang terlalu indah dan eksotis jika dibiarkan terbengkalai.

Pantai Maldives
Pantai ini terletak di pesisir Pulau Jawa tepatnya di Desa Kemantren, Kecamatan Paciran, Lamongan. Pantai ini berdekatan dengan Pantai Tanjung Kodok yang sekrang dikenal dengan Wisata Bahari Lamongan, Pantai Kutang, dan Pantai Pasir Putih Delegan.
Di pinggir Pantai Maldives terdapat gubug-gubur bambu yang menggunakan atap daun kering. Ada juga beberapa gubug yang dibangun di atas lautnya. Terdapat jembatan sederhana yang dibangun untuk menghubungkan antara satu gubug dengan gubug lainnya.

Wisata Akar Langit Trinil
Tempat wisata ini berada di Dusun Wide, Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong, Lamongan. Tempat wisata ini menyajikan pemandangan pohon dengan akar yang unik. Untuk menuju ke lokasi ini, pengunjung bisa menempuh jalur Jalan Daendles antara Gresik-Paciran-Brondong-Tuban atau 39 km dari pusat kota Lamongan. Setelah 4 km melewati Kecamatan Brondong, pengunjung belok kiri tepat di perempatan Pambon, Desa Brengkok. Kalau dari Tuban, harus menempuh sekitar 25 km, tepat di perempatan Pambon ditemukan petunjuk arah ke lokasi yang hanya sekitar 3 km.

Pantai Kutang
Pantai ini berada di Desa Labuhan. Pantai Kutang saat ini sedang naik daun dan menjadi jujukan wisatawan. Pesona yang disajikan di pantai ini adalah hamparan pasir putih dan deburan ombak yang mampu membuat suasana menjadi tenang.

Sendang Bawono
Tempat wisata ini terletak di Desa Deket Agung, Kecamatan Sugio, Lamongan. Sendang Bawono tergolong objek wisata baru yang didirikan secara swadaya oleh masyarakat setempat. Wisata ini baru diresmikan dan dibuka pada 3 September 2020.

Pantai Lorena
Pantai ini berada di Jalan Raya Paciran, Lamongan. Nama pantai ini berasal dari nama desa dan posisi pantainya, yaitu singkatan dari bahawa Jawa “Lores Nanjan” yang artinya itu adalah sebelah utara dari Desa Penanjan.
Pantai ini mudah ditemui karena lokasinya yang strategis. Tak heran jika pantai ini selalu ramai pengunjung, apalagi saat akhir pekan. Pantai ini menawarkan keindahan alam dan menikmati sunset.

Bukit Suru Lembor
Objek wisata ini menyajikan pegunungan kapur yang berhiaskan tanaman suru (semacam tanaman kaktus yang berbentuk seperti centong nasi), berbagai spot foto yang menarik juga disedikan di tempat ini. Tempat wisata ini berada di Desa Lembor, Kecamatan Brondong.

Sumber : https://www.solopos.com/

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan

Kontak


Jl. Sunan Giri No.1, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62215, Indonesia

web :

1. lamongankab.go.id


Play Store :

disparbud@lamongankab.go.id
(0322) 311919

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan 2023