Sebanyak 33 Kegiatan Bakal Warnai Kalender Event 2024 Lamongan

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Lamongan telah menetapkan sejumlah kegiatan untuk dimasukkan ke dalam kalender event 2024.

“Di kalender event 2024 terdapat 33 event dalam rangkaiannya. Seluruhnya kami kolaborasikan mulai dari potensi wisata, seni budaya hingga ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Lamongan,” tutur Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan, Siti Rubika, Kamis (25/1/2025). Saat ditemui di kantornya.

Dijelaskan Siti Rubika, penggabungan seluruh potensi ini merupakan bagian dari kolaborasi lintas sektor, yang mana tujuannya ialah mempertegas potensi Kabupaten Lamongan. Selain itu juga bentuk realisasi program prioritas pariwisata ramah dan terintegerasi (Rama Shinta).

Selain itu, kalender event juga digunakan sebagai media untuk memantik kunjungan wisata di Kabupaten Lamongan. Kinerja kalender event dapat dilihat dari meningkatnya kunjungan wisata Kabupaten Lamongan pada tahun 2023 lalu.

Saat itu, tercatat ada 93.254 wisata nusantara yang menghadiri pagelaran event tahun 2023 lalu.

Sedangkan peningkatan juga terjadi pada angka kunjungan wisata Kota Soto tahun 2023 terdapat 4,8 juta wisatawan nusantara dan 541 wisatawan mancanegara dan pada tahun 2022 tercatat 4,7 juta wisatawan nusantara dan 97 wisatawan mancanegara.

Selanjutnya Rubikah mengungkapkan bahwa event Ruwahan Sendhang duwur akan menjadi pembuka kalender event 2024, tepatnya pada bulan Februari.  Selanjutnya di bulan Maret ada Haul Sunan Drajat, Pawai Ogoh-Ohoh, Ramadhan Fashion Parade, dan Festival Patrol, dan masih banyak lagi event lainnya.

“Kalender event akan dilangsungkan pertama kali di bulan Februari 2024. Rangkaiannya akan berlangsung hingga Desember nanti. Adapun event baru yang akan kita laksanakan, yaitu Lamongan Eksportiva, Ramadhan night trip adventure trail dan bakti social mushola, serta launching museum daerah,” ungkapnya.

Pada 2024 ini juga dilakukan launching program pariwisata terintegrasi. Didalamnya terdapat pilot project terhadap wisata-wisata yang memiliki embrio potensi akan diintegerasikan menjadi satu paket wisata. Paket didalamnya berisi kuliner, alam, ekonomi kreatif, dan budaya.

“Program tersebut menjadi realisasi Rama Shinta. Seperti contohnya tahun 2023 kita sudah mendampingi 9 desa wisata, itu nanti akan kita jadikan satu paket dengan pusat sentra oleh oleh sebagai ekonomi kreatif, wisata kuliner, dan lainnya. Jadi paket yang kita siapkan dapat dijadikan rekomendasi untuk para wisatawan yang akan datang,” terang Rubikah.


Sumber : kliktimes.com

 disparbud
 91
 25-Januari-2024

Kontak


Jl. Sunan Giri No.1, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62215, Indonesia

web :

1. lamongankab.go.id


Play Store :

disparbud@lamongankab.go.id
(0322) 311919

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan 2023
Theme system: west