Oktober 2023, Kunjungan Wisatawan Lamongan Capai 4,2 Juta Pengunjung

Angka kunjungan wisata di Lamongan mulai mengalami kenaikan. Hingga Oktober 2023, wisatawan nusantara dan mancanegara yang datang ke Lamongan mencapai 4,2 juta.

Data yang dihimpun dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan menunjukkan, jumlah kunjungan sementara wisatawan nusantara dan mancanegara ke Lamongan per Oktober 2023 mencapai 4,2 juta.

Dari angka ini, 361.705 pengunjung di antaranya pengunjung dari WBL. Untuk angka kunjungan wisatawan di tahun 2022, ada 4,7 juta pengunjung wisata di Lamongan di mana 452.406 di antaranya pengunjung dari WBL.

"Sampai Oktober 2023 ini angka kunjungan wisata di Lamongan telah mencapai 4,2 juta atau tepatnya 4.219.835. Sementara tahun lalu, tahun 2022, terdapat 4,7 juta kunjungan wisatawan ke Lamongan," kata Kadisparbud Lamongan Siti Rubikah saat dikonfirmasi detikJatim, Selasa (21/11/2023).

Rubikah mengungkapkan, ada sejumlah lokasi di Lamongan yang ternyata masih tetap menjadi favorit kunjungan wisata. Beberapa tempat favorit tersebut, di antaranya adalah Wisata Bahari Lamongan (WBL), Maharani Zoo dan Goa Lamongan (Mazogo), Wego, Pantai Kutang. Lokasi favorit lainnya adalah wisata religi.

"Sejumlah wisata religi yang menjadi favorit tersebut, diantaranya adalah Masjid Namira, Makam Sunan Drajat, Makan Maulana Ishaq dan Makam Sendang Duwur," ujarnya.

Rubikah optimis angka kunjungan wisatawan di Lamongan naik seiring dengan semakin membaiknya iklim ekonomi dan juga masa libur natal dan akhir tahun 2023. Rubikah juga mengakui jika, WBL masih menjadi salah satu lokasi wisata yang favorit di Lamongan dan pantas untuk menjadi salah satu wisata ikonik di Jatim.

"Pada tahun 2022 terdapat 4,7 juta pengunjung wisata di Lamongan, 452.406 diantaranya merupakan pengunjung dari WBL. Untuk tahun ini hingga Oktober 2023 angka kunjungan ke WBL juga sudah sebanyak 361.705 pengunjung," ungkapnya.

Sementara, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat menghadiri ceremony anniversary ke-19 WBL beberapa waktu lalu juga mengungkapkan peran WBL pantas menjadi wisata ikonik Jatim.

Dalam kiprahnya menjadi wisata yang memadukan dunia fantasi, permainan bahari, dan edukasi Maharani zoo, terang dia, wisata kebanggaan Lamongan ini diyakini mampu menjadi ikonic wisata andalan Jawa Timur dengan cara terus membranding melalui event-event yang digelar disana. Terlebih event lintas provinsi, sehingga banyak mengundang khalayak.

"WBL harus kita kenalkan kepada masyarakat luas dengan mengadakan event disini. Karena disini juga menyediakan resort yang menampilkan eksotisnya pemandangan pantai utara," tutur bupati yang akrab disapa Pak Yes.

Tidak hanya itu, papar Pak Yes, WBL juga menjadi salah satu tempat distribusi produk unggulan bagi pelaku UMKM Lamongan. Dengan adanya kegiatan UMKM di WBL maka akan memberikan dampak positif juga bagi pelaku UMKM.

"Kemajuan WBL juga akan berdampak bagi para pelaku UMKM yang mendistribusikan produksi andalannya seperti di bidang makanan perikanan, pakaian tenun ikat Lamongan, dan lainnya," tambahnya.


Sumber : detik.com

 disparbud
 294
 21-November-2023

Kontak


Jl. Sunan Giri No.1, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62215, Indonesia

web :

1. lamongankab.go.id


Play Store :

disparbud@lamongankab.go.id
(0322) 311919

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan 2023
Theme system: west