Buka Festival Dayung Perahu Tradisional, Bupati Lamongan Sebut Penyelenggaraan Event Dapat Buat Desa Mandiri

Penyelenggaraan suatu event dampak berdampak positif atau memperkuat desa wisata desa di Lamongan. Hal ini diakui Bupati Lamongan Yuhronur Efendi. Bupati yang akrab disapa Pak Yes ini mencontohkan penyelenggaraan Festival Dayung Perahu Tradisional di Kali Bengawan Mati, Desa Tejoasri, Kecamatan Laren, mampu mendongkrak terwujudnya Desa Tejoasri menjadi desa mandiri di Lamongan. Hal tersebut disampaikan wali kota yang akrab disapa Pak Yes ini saat membuka Festival Dayung Perahu Tradisional dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI), di Kali Bengawan Mati, Desa Tejoasri, Minggu (27/8/2023). Menurutnya, kegiatan yang diikuti 32 tim tersebut mampu menjadi daya tarik tersendiri di mata wisatawan. “Luar biasa pada hari ini, Minggu (27/8/2023), yang saya banggakan seluruh atlet dayung dan para penonton. Alhamdulillah, Kabupaten Lamongan saat ini dari 462 desa ada 166 desa mandiri, 238 desa berkembang, dan sudah tidak ada lagi desa tertinggal di Kabupaten Lamongan. Dan salah satu desa mandiri adalah Desa Tejoasri,” ucap pria yang akrab disapa Pak Yes itu dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (28/8/2023).

Adapun festival tersebut diikuti oleh sebanyak 32 tim yang terdiri dari lima peserta dayung, dua cadangan, dan dua official. Ketangkasan mereka akan diuji dengan melewati rute sungai sepanjang 350 meter (m).

Pak Yes mengungkapkan, kemajuan dan berkembangnya desa-desa di Lamongan tak lepas dari inisiatif, kreativitas, kepemimpinan, dan leadership, kepala desa (kades) di masing-masing wilayah. “Pemerintah daerah (pemda) akan terus mendorong agar desa-desa di Kabupaten Lamongan ini menjadi desa-desa yang berjaya,” imbuhnya.

Untuk diketahui, juara pertama Festival Dayung Perahu Tradisional adalah Dusun Pilang, Desa Tejoasri di Kecamatan Laren, lalu disusul Desa Parengan di Kecamatan Maduran, Desa Sukorejo di Kecamatan Turi, dan Desa Meluwur di Kecamatan Glagah.


Sumber : kompas.com

 disparbud
 126
 28-Agustus-2023

Kontak


Jl. Sunan Giri No.1, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62215, Indonesia

web :

1. lamongankab.go.id


Play Store :

disparbud@lamongankab.go.id
(0322) 311919

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan 2023
Theme system: west