DINAS TENAGA KERJA - Arsip Artikel

SOSIALISASI TATA CARA PEMBUATAN DAN PENGESAHAN PERATURAN PERUSAHAAN (PP) SERTA PEMBUATAN DAN PENDAFTARAN PERJANJIAN KERJA BERSAMA (PKB)

            Dalam rangka melaksanakan pembinaan hubungan industrial kepada perusahaan di Kabupaten Lamongan, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lamongan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Tata Cara Pembuatan dan Pengesahan Peraturan Perusahaan (PP) serta Pembuatan dan Pendaftaran Perjanjian Kerja Bersama (PKB) pada hari Selasa, 29 Agustus 2023 bertempat di Mahkota Hotel Lamongan.            Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan HRD sebanyak 25 perusahaan, kegiatan diawali dengan sambutan serta pembukaan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lamongan yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lamongan, Bapak Adang Moelyono, SH, M.Kn dan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber Bapak Himawan Pradono, SH, Mediator Hubungan Industrial Ahli Muda dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur yang dimoderatori oleh Ibu Lailatul Masruroh, SE, MM, Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jamsostek Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lamongan.            Dengan terlaksananya kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada perusahaan yang berada di wilayah Kabupaten Lamongan terkait kewajiban perusahaan untuk membuat Peraturan Perusahaan (PP)/ Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dan tata cara pembuatan dan pengesahan peraturan perusahaan (PP) serta pembuatan dan pendafataran Perjanjian Kerja Bersama (PKB).           

WORKSHOP PENGUATAN KELEMBAGAAN BURSA KERJA KHUSUS (BKK) DI SMKS PGRI SUKODADI

Workshop Penguatan Kelembagaan Bursa Kerja Khusus (BKK) yang dilaksanakan hari Rabu, 02/08/2023 yang bertempat di SMK PGRI Sukodadi dan dihadiri oleh 34 Guru SMK PGRI Sukodadi dengan narasumber Bapak Kepala Dinas Tenaga Kerja Kab. Lamongan, Direktur PT. Average Valves Metal Lamongan, Pengawas SMK Cabdin Lamongan, dan Direktur CV. Duta Baja Lamongan.

PELATIHAN OPERATOR ALAT BERAT JENIS FORKLIFT

Lamongan, 02 Agustus 2023.            Pelatihan Operator Alat Berat Jenis Forklift, pertama kali diselenggarakan di BLK Dinas Tenaga Kerja kabupaten Lamongan. Antusias masyarakat sangat terlihat jelas ketika pertama dibuka pendaftaran online di pelatihan tersebut, total jumlah pendaftar pelatihan ini sebanyak 103 orang dari total jumlah pendaftar pelatihan berbasis kompetensi tahap 3 sebanyak 507 orang.             Semangat peserta juga sangat terlihat jelas ketika melakukan praktek di lapangan, mereka sangat serius dan antusias ketika praktek mengemudikan forklift, total peserta dalam pelatihan ini berjumlah 16 orang.

PEMBUKAAN PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI APBN & APBD TAHAP 3 TAHUN 2023

Lamongan, 25 Juli 2023Telah diselenggaran Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi tahap 3 tahun 2023 yang bersumber dari dana APBN dan APBD, terdiri dari 8 kejuruan pelatihan, diantaranya adalah : Pelatihan Pembuatan Roti dan Kue, Pelatihan Tata Rias Pengantin dan Hantaran, Pelatihan Menjahit Pakaian Dewasa, Pelatihan Desain Grafis Muda, Pelatihan Teknik Las Listrik SMAW 3G, Pelatihan Otomotif Mekanik Mobil Bensin/Diesel, Pelatihan Operator Buldozer, dan Pelatihan Operator Forklift.Adapun jumlah peserta yang mengikuti pelatihan tersebut sejumlah 128 peserta dari berbagai kecamatan yang berada di Kabupaten Lamongan. Dengan rincian peserta sebagai berikut :  1.    16 Peserta Pelatihan (APBN) Pembuatan Roti dan Kue2.    16 Peserta Pelatihan (APBN) Tata Rias Pengantin dan Hantaran3.    16 Peserta Pelatihan (APBN) Menjahit Pakaian Dewasa4.    16 Peserta Pelatihan (APBN) Desain Grafis Muda5.    16 Peserta Pelatihan (APBD) Operator Forklift6.    16 Peserta Pelatihan (APBD) Operator Buldozer7.    16 Peserta Pelatihan (APBD) Teknik Las Listrik SMAW 3G8.    16 Peserta Pelatihan (APBD) Otomotif Mekanik Mobil Bensin/Diesel

PELAKSANAAN PROGRAM PEMAGANGAN DALAM NEGERI 2023

Program Pemagangan Dalam Negeri yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kab. Lamongan tahun 2023 bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur guna memberikan kesempatan bagi pencaker untuk belajar sambil berlatih secara langsung di dunia usaha Lamongan. 

BIMBINGAN TEKNIS PENGUKURAN PRODUKTIVITAS PERUSAHAAN (UKM)

Bimbingan Teknis Pengukuran Produktivitas Perusahaan (UKM) Dinas Tenaga Kerja Lamongan yang dilaksanakan pada tanggal 11 s/d 13 Juli, dimana bimtek ini diikuti oleh para pengusaha UKM yang ada di Lamongan.