DINAS KOPERASI DAN USAHA MIKRO

Meriah dan Khidmat, Rangkaian Puncak Hari Jadi Lamongan ke-454: Kirab Pataka dan Semarak Budaya Lamongan



Kota Lamongan merayakan momen bersejarah dalam rangkaian puncak perayaan Hari Jadi ke-454 dengan khidmat dan meriah. Setelah diawali dengan apel Hari Jadi Lamongan pada pagi hari, pada Jumat siang (26/5), masyarakat Lamongan disuguhkan dengan jamuan kirab Pataka.

Puncak acara dimulai dengan upacara Pembukaan Pataka di Gedung DPRD Kabupaten Lamongan. Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, didampingi oleh jajaran forkopimda, Ketua DPRD Lamongan Abdul Ghofur beserta anggota, dan seluruh OPD Lamongan, melaksanakan upacara yang melibatkan Lambang Daerah atau pataka. Pataka ini kemudian dikirab sepanjang jalan di kota Lamongan.

Kirab Pataka ini memiliki nuansa yang unik, karena di setiap titik strategis rute kirab, masyarakat Lamongan dapat menyaksikan berbagai pagelaran seni yang memukau. Mulai dari kesenian tari adarapurwa, reog, jaranan, angklung, patrol, barongsay, tongklek, jidhor, campursari, drumband, live music, banjari, dan berbagai pertunjukan seni lainnya dari berbagai elemen masyarakat, baik muda maupun lanjut usia.

Dalam arak-arakan kirab, Bupati Lamongan dan jajarannya naik kereta kencana dan 8 kereta dekorasi. Hal ini melambangkan semangat untuk mengangkat berbagai budaya Jawa dan nilai-nilai keagamaan, dengan harapan dapat menjadi inspirasi dari tokoh-tokoh pendiri Lamongan untuk meraih kejayaan Lamongan di masa depan.

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, mengungkapkan, "Ing dinten dumadosipun Kabupaten Lamongan kaping 454 tahun niki, Kabupaten Lamongan netepaken semboyan Merajut Harmoni Untuk Lamongan Megilan." Tema ini dipilih untuk menggambarkan relevansi sejarah tokoh-tokoh Lamongan yang telah mencatatkan kejayaan di masa lampau di tengah keberagaman dan kemajemukan budaya masyarakat Lamongan.

Perayaan Hari Jadi Lamongan yang ke-454 ini tidak hanya menjadi ajang untuk merayakan perjalanan panjang Kabupaten Lamongan, tetapi juga untuk mengenang dan meneruskan semangat para pendiri Lamongan. Dengan tema "Merajut Harmoni Untuk Lamongan Megilan," Kabupaten Lamongan menegaskan komitmennya dalam mempertahankan keharmonisan di tengah keragaman budaya yang menjadi kekayaan masyarakat.

Sumber: Lamongankab.go.id