Desember

29

 2022

Wujudkan Pembangunan Inklusif, Pemkab Lamongan Libatkan Disabilitas

 diskominfo
 623
 29-Desember-2022

Untuk mewujudkan pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan di Kabupaten Lamongan, Pemerintah Kabupaten Lamongan terus berupaya melibatkan berbagai sektor, salah satunya penyandang disabilitas. 

Keterlibatan disabilitas pada pembangunan daerah akan memberikan porsi tersendiri untuk menciptakan Lamongan ramah disabilitas. Tentu hal tersebut perlu di dukung dengan berbagai sektor mulai dari pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan hingga lainnya. 

Dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan Moch. Nalikan saat membuka acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional Kabupaten Lamongan, di Aula Shabadiaksa, Kamis (29/12), dengan berbagai kelebihan yang dimiliki penyandang disabilitas, perlu dipacu dan dikembangkan agar dapat memberikan kemanfaatan yang lebih luas bagi masyarakat. 

"Mari kita bantu dan kembangkan mereka, kita beri kesempatan mereka untuk memberikan kontribusi kepada Lamongan ini. Misalkan pada proses perencanaan, keterlibatan mereka ini penting baik ditingkat desa kecamatan dan kabupaten diikut sertakan, sehingga kepentingan mereka tersalurkan apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan teman-teman difabel," kata Nalikan 

Lebih lanjut, Nalikan berharap, dengan kolaborasi dari berbagai stekholder dapat mencapai perwujudkan pembangunan yang inklusif, pembangunan yang berkeadilan bagi seluruh masyarakat di Lamongan.

"Tentu banyak hal dan Pemkab Lamongan sangat membuka diri. Diberbagai pelaksanaan banyak hal yang bisa dilakukan oleh teman-teman difabel. Jadi jangan menganak tirikan. Tetap semangat, memotivasi, teman-teman untuk bisa berkoordinasi dengan Pemkab Lamongan. Mudahan kebutuhan untuk kreatifitas mereka akan terfasilitasi," imbuh Nalikan 

Pada kesempatan yang sama, penasihat Forum Perlindungan dan Pemenuhan Hak Disabilitas (FP2HD) Lamongan Anis Kartika Yuhronur Efendi mengungkapan, pengembangan kemampuan dan kreativitas disabilitas merupakan tugas bersama untuk membangun kepercayaan diri. 

"Disabilitas menjadi tugas kita bersama, bukan keinginan mereka, sehingga kita harus tetap diperlukan seperti biasa agar percaya dirinya ini terbangun. Mari kita rubah disabilitas ini bukan untuk dikasihani, tetapi harus diakui karena memiliki potensi maupun kapasitasnya, dan ini dapat mengangkat derajat disabilitas," ucap Anis

Sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam memfasilitasi disabilitas, pada kesempatan yang sama diberikan bantuan 13 kruk (alat bantu jalan), 15 alat bantu tongkat adaktif untuk tuna netra, dan 10 alat bantu dengar untuk tunga rungu.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023