Desember

19

 2022

Tips Membuat Kata Sandi

 diskominfo
 7495
 19-Desember-2022

Kata sandi adalah kode rahasia yang digunakan untuk mengakses sistem. Kata sandi biasanya terdiri dari sekumpulan karakter, seperti huruf, angka, dan simbol, yang harus diingat oleh pengguna dan tidak boleh diberitahu kepada orang lain. Kata sandi bertindak sebagai lapisan pertahanan untuk melindungi akun dari akses tidak sah yang dilakukan oleh orang lain. Oleh karena itu, kita perlu memastikan bahwa kata sandi yang kita buat telah aman, kuat, dan tidak mudah ditebak.

Bagaimana membuat kata sandi yang aman dan kuat? Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk membuat kata sandi yang aman dan kuat:

  1. Gunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol. Kata sandi yang kuat terdiri dari kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol.
  2. Jangan menggunakan kata-kata yang mudah diingat atau kata-kata yang terkait dengan informasi pribadi misalnya nama anak, nama keluarga, dan tanggal lahir.
  3. Gunakan panjang kata sandi yang cukup. Kata sandi yang lebih panjang lebih sulit untuk ditebak atau dijatuhkan. Sebagai contoh, kata sandi yang terdiri dari 8 atau lebih karakter lebih sulit untuk ditebak dibandingkan dengan kata sandi yang terdiri dari 4 karakter.
  4. Gunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap akun yang Anda miliki. Jangan menggunakan kata sandi yang sama untuk akun yang berbeda, karena jika salah satu akun dapat dibobol, maka akun lain yang menggunakan kata sandi yang sama juga akan terdampak.
  5. Jangan memberitahu kata sandi kepada orang lain.
  6. Gunakan fitur two-factor authentication (2FA) jika tersedia. Fitur 2FA memungkinkan Anda untuk memasukkan kode verifikasi tambahan sebelum dapat masuk ke akun, sehingga membantu meningkatkan keamanan akun.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023