Juni

25

 2022

IBI Garda Terdepan Penyelamat Generasi Bangsa

 diskominfo
 1252
 25-Juni-2022


Setelah tiga tahun absen tidak merayakan hari ulang tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI). Kini, Jumat (24/6), IBI Lamongan peringati HUT IBI yang ke-71 dengan jalan sehat bersama 1137 bidan se-Kabupaten Lamongan di halaman gedung IBI Lamongan.

Mengusung tema perjalanan panjang profesi bidan mewujudkan generasi unggul menuju indonesia maju. Wakil Bupati Lamongan Abdul Ro'uf berharap, Bidan dapat menjadi garda terdepan dalam menyelamatkan kelahiran generasi bangsa.

"Peran bidan ini tidak ringan, IBI ini merupakan garda depan untuk menyelamatkan kesehatan dan kelahiran generasi bangsa ini," tutur Pak Ro'uf 

Lebih lanjut, Pak Ro'uf menekankan, peran seorang bidan tidak hanya pada kesehatan bayi namun juga pada kesehatan ibu.

"Disamping itu peran bidan adalah untuk menolong kesehatan ibu dan bayi, dan ini masih menjadi persoalan yang masih dihadapi oleh bangsa ini,"

Mengingat angka kematian ibu (AKI) saat melahirkan tergolong masih cukup tinggi di Indonesia yakni per100.0000 kelahiran terdapat 148,29%. Sedangkan pada bayi per 1000 kelahiran terdapat 5,16%  angka kematian bayi (AKB). Menurut Pak Ro'uf, hal tersebut merupakan persolan yang masih di hadapi oleh IBI.

Tak hanya persoalan AKI maupun AKB yang masih tergolong tinggi, kata Pak Ro'uf, di Lamongan sendiri juga terdapat persoalan stunting yang perlu perhatian dari berbagai pihak. 

"Persoalan yang menghantui kita juga adalah persoalan stunting-stunting di Lamongan ini cukup tinggi masih ada 20% lebih berdasarkan hasil survey dan kita pada saat ini harus bisa menekan stunting menjadi dibawah 14% di tahun 2024. Ini yang patut menjadi perhatian kita semua. Kolaborasi penanganan stunting yang tidak bisa ditangani oleh satu sektor atau satu dinas tetapi harus dilakukan secara bersama-sama secara kolaboratif," kata Pak Ro'uf

Pada kesempatan tersebut Pak Ro'uf juga berharap, kedepan IBI mampu berkolaborasi dan berkontribusi dalam penurunan stunting.

"Semoga IBI mampu berkolaborasi menjadi bagian penting yang memberikan kontribusi penurunan stunting khususnya di Kabupaten Lamongan. selamat dan sukses untuk Ikatan Bidan Indonesia yang pada saat ini melaksanakan hari ulang tahun yang ke 71 semoga IBI terus bergerak untuk mengawal indonesia dan generasi indonesia menjadi generasi yang maju," harap Pak Ro'uf

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023