Juni

12

 2024

Waspada Hoaks! Manfaatkan Cek Hoaks untuk Melindungi Diri dan Bangsa

 diskominfo
 85
 12-Juni-2024

Di era digital ini, kemudahan akses informasi bagaikan pisau bermata dua. Di satu sisi, kita dimudahkan untuk mendapatkan berbagai informasi dengan cepat dan praktis. Namun, di sisi lain, bahaya mengintai dalam bentuk maraknya hoaks atau berita bohong yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat, bahkan dikhawatirkan memicu disintegrasi bangsa.

Hoaks dapat dengan mudah tersebar melalui berbagai platform media sosial, seperti WhatsApp, Facebook, Twitter, dan Instagram. Biasanya, hoaks dikemas dengan judul yang menarik dan bombastis, sehingga mudah untuk dipercaya dan dibagikan oleh banyak orang.

Oleh karena itu, kewaspadaan terhadap informasi yang beredar di media sosial sangatlah penting. Jangan mudah percaya dengan informasi yang belum terverifikasi kebenarannya.

Salah satu cara untuk memastikan kebenaran informasi adalah dengan melakukan debunking (membongkar) hoaks. Debunking dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi Cek Hoaks yang dapat diakses melalui tautan https://s.id/cekhoaks.

Aplikasi tersebut menyediakan berbagai informasi terkait hoaks yang beredar. Dengan memanfaatkan situs-situs pengecekan fakta, kita dapat membantu memerangi hoaks dan melindungi diri serta bangsa dari dampak negatifnya.

Mari kita jadikan diri sebagai pengguna media sosial yang cerdas dan bertanggung jawab. Jangan sebar hoaks, dan selalu periksa kebenaran informasi sebelum membagikannya.

Bersama-sama, kita ciptakan ruang digital yang bersih dan sehat!

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023