Mei

31

 2024

Peringati HLUN ke 28, Pemkab Lamongan Komitmen Jamin Pemberdayaan dan Kesehatan Lansia

 diskominfo
 218
 31-Mei-2024

Peringati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 28, Jumat (31/5) di Halaman Pemkab Lamongan, Pemerintah Kabupaten Lamongan berkomitmen untuk terus berdayakan dan menjamin kesehatan lansia.

Hal tersebut selaras dengan program prioritas Lamongan Sehat, yangmana bertanggung jawab memberikan pelayanan kesehatan masyarakat Lamongan dari usia kandungan hingga lanjut usia. Pada saat ini sebanyak 226.161 lansia (laki-laki sebanyak 104.858 orang dan perempuan sebanyak 121.303 orang) telah diberdayakan melakukan posyandu lansia disetiap puskesmas yang ada di Kabupaten Lamongan.

"Pemerintah Kabupaten Lamongan terus berkomitmen untuk pembangunan kesehatan dan pembangunan sumber daya manusia di Lamongan. Komitmen tersebut akan kita terapkan mulai usia kandungan hingga lanjut usia," tutur Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat hadir dalam perayaan HLUN pagi ini.

Komitmen tersebut direalisasikan melalui fasilitasi infrastruktur hingga kualitas pelayanan kesehatan. Orang nomor satu di Kota Soto menjelaskan bahwa pemberdayaan lansia memiliki sifat penting dan akan berpengaruh bagi kesehatan lansia. 

"Lansia harus diberdayakan, kegiatan produktif lansia dipastikan akan berpengaruh positif pada kesehatan hingga kebahagiaan lansia," jelas Pak Yes.

Upaya yang telah dilakukan Pemkab Lamongan berhasil menorehkan capaian usia harapan hidup yang terus meningkat. Tercatat pada tahun 2023 angka harapan hidup Lamongan mencapai 74,86, atau lebih tinggi daripada tahun 2022 yakni 72,86. 

"Angka harapan hidup yang terus meningkat menandakan pembangunan kesehatan di Lamongan berjalan dengan baik," ungkap Pak Yes.

Menurut pendamping Posyandu Lansia Falmboyan Desa Deket Wetan Kecamatan Deket Novi, pemberdayaan lansia pada kegiatan posyandu lansia memiliki dampak positif bagi kesehatan lansia. Karena penyakit bawaan lansia akan lebih terkontrol.

"Posyandu lansia dilukukan rutin satu bulan sekali. Kegiatannya ada pemeriksaan kesehatan rutin, mulai dari cek laborat hingga senam. Bahkan sesekali pelaksanaan posyandu lansia kita lakukan di tempat rekreasi agar lansia bisa senang dan menikmati," jelas Novi.

Diungkapkan oleh salah satu lansia dari Desa Deket Wetan Kecamatan Deket Inti Kurnia (68), kegiatan lansia menghadirkan kegembiraan tersendiri.

"Di usia kami kumpul bersama teman dengan melakukan kegiatan positif sangat membawa kegembiraan," ungkapnya.

Pada perayaan HLUN ke 28 di Lamongan dimeriahkan dengan layanan kesehatan gratis, senam lansia, senam Lin Tien Kung, parade fashion lansia, fun game lansia, hingga penampilan spesial dari T'Koes Band.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023