Desember

21

 2023

Amankan Kamtibmas, Hasil Operasi Cipta Kondisi Dimusnahkan

 diskominfo
 810
 21-Desember-2023



Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama Kapolres Lamongan AKBP Yakhob Silvana Delareskha, Dandim 0812 Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan, serta jajaran forkopimda Lamongan melakukan pemusnahan barang bukti cipta kondisi yang telah dilaksanakan Polres Lamongan selama 24 hari, guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan lancar jelang natal 2023 dan tahun baru 2024.

Pemusnahan yang dilaksanakan di Alun-Alun Kabupaten Lamongan usai menggelar Apel Gelar Operasi Lilin Semeru 2023 dalam rangka Pengamanan Natal dan Tahun baru 2024, Kamis (21/12/2023) tersebut, merupakan hasil sitaan Polres Lamongan mulai tanggal 27 November hingga 20 Desember berupa 686,5 liter arak, 1.456,5 liter tuak, 81 botol anggur merah, 190 ban botol minuman bir, serta 817 kenalpot brong.

Diungkapkan, Kapolres Lamongan AKBP Yakhob Silvana Delareskha, penyitaan yang dilakukan melalui operasi lilin semeru 2023, sebagai bentuk tindakan pengamanan kamtibmas yang ada di Lamongan.

“Kita lakukan penyitaan karena itu mengganggu ketertiban masyarakat, karena setiap malam hari adanya indikasi balapan liar dan juga konvoi makanya kita lakukan tindakan. Sehingga disaat operasi nanti berlangsung, saat masyarakat merayakan natal dan tahun baru bisa berjalan dengan aman dan tertib. Tanpa adanya kebisingan,” ungkap AKBP Yakhob.

Tidak hanya itu, kedepan Polres Lamongan juga tidak hanya menindak kendaraan roda dua melainkan juga roda empat yang tidak sesuai standar. “Kami juga masih melaksanakan penindakan lagi sampai tahun baru, dan juga kita nanti akan menertibkan juga kendaraan-kendaraan roda empat yang membisingkan,” imbuhnya.

Selayaknya diungkapkan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat bertindka selaku pembina apel gelar Operasi Lilin Semeru 2023, meski menjadi agenda dan tugas rutin tahunan, operasi lilin semeru haris tetap dipersiapkan sebaik mungkin guna memastikan kelancaran dan kenyamanan masyarakat.

“Natal dan tahun baru ini rutinitas, tetapi apapun tetap harus direncanakan, harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi pasukan, dan distribusi bahan pokok. Hal tersebut penting karena momen nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat,” kata Bupati Yes saat membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Terlebih kata Bupati Yes, operasi lilin semeru 2023 bersamaan dengan masa kampanye pemilu 2024. Sehingga segala bentuk pengecekan dan persiapan personil maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi harus dipersiapkan sebaik mungkin agar berjalan dengan optimal.

Guna pengamanan operasi lilin semeru 2023 sebanyak 314 personil gabungan dari Polres Lamongan (158 personil), TNI Kodim 0812 Lamongan (30 personil), SatpolPP Lamongan (30 personil), Dinas Perhubungan Kabupaten Lamongan (30 personil), Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan (30 personil), Detasemen Polisi Militer atau Denpom (6 personil), Garnisun (6 personil), Senkom (6 personil), dan Damkar (6 personil) siap lakukan pengamanan yang tersebar di di 4 pos pengamanan (pos pam) yakni Pospam Pasar Babat, Pospam Alun-Alun, Pospam Plaza Lamongan, Pospam WBL, satu pos pelayanan (pos yan) di Terminal Lamongan, 2 pos pantau, serta daerah rawan laka, rawan kemacetan, rawan Gar, dan tempat ibadah.

“SKB (surat keputusan bersama) yang memuat tentang pembatasan operasional angkutan barang, penerapan rekayasa lalu lintas, dan pengendalian arus lalu lintas, penyeberangan laut dan menduga perjalanan, ini harus dipahami dan diimplementasikan secara tepat di lapangan. Khusus pada lokasi dan jalur menuju objek wisata jangan sampai terjadi kemacetan,” ucap Bupati Yes.

Selain itu, Bupati Yes meminta, jajaran keamanan untuk melaksanakan patroli guna mencegah tindak kejahatan pelaksanaan ibadah Natal dengan mendeteksi dini  dan straigh ancaman terorisme.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023