Desember

13

 2023

Gemarikan Dianugerahi Penghargaan Dari Forikan Jatim Dalam Tingkatkan Konsumsi Ikan Lamongan

 diskominfo
 392
 13-Desember-2023



Pemerintah Kabupaten Lamongan dianugerahi penghargaan forum peningkatan konsumen ikan, Senin (11/12) lalu pada kegiatan peringatan Hari Ikan Nasional ke-10 Tahun 2023 Provinsi Jawa Timur, di Gedung Dyandra Convention Center Surabaya.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak kepada Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Lamongan Anis Kartika Yuhronur Efendi. Yangmana sebagai bentuk apresiasi atas peran aktif berkontribusi terhadap peningkatan konsumsi ikan di daerah. 

Dituturkan oleh Anis, Kabupaten Lamongan mengalami peningkatan konsumsi ikan sebanyak 2,34 atau 4 persen. Dari angka konsumsi ikan tahun 2021 sebesar 56,83 meningkat menjadi 59,21 di tahun 2022. Angka tersebut juga melampaui target angka konsumsi ikan (AKI) Jawa Timur yakni 42.00. Peningkatan tersebut dipengaruhi dengan adanya program "Gemar Makan Ikan" atau Gemarikan. 

Pada tahun 2023 ini Pemkab Lamongan bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lamongan sudah menyelenggarakan Gemarikan kepada beberapa sektor, mulai dari sektor penuntasan stunting (4 titik wilayah dengan angka stunting tinggi yakni Kecamatan Sukodadi, Kecamatan Deket, Kecamatan Turi, dan Kecamatan Glagah), masyarakat kurang sejahtera (4 titik wilayah meliputi Kecamatan Sambeng, Kecamatan Babat, Kecamatan Sugiyo, dan Kecamatan Modo), dan masyarakat umum. 

"Alhamdulillah penghargaan yang kami terima merupakan apresiasi dari kerja keras kami. Sebagai daerah penghasil sari laut, kami akan memanfaatkan potensi tersebut. Salah satunya dengan menggencarkan pelaksanaan Gemarikan," tutur Bu Yes sapaan akrabnya.

Bu Yes menjelaskan dalam Gemarikan tidak hanya melakukan sosialisasi pentingnya mengkonsumsi ikan. Melainkan mengedukasi cara mengolah ikan dengan mengadakan demo masak kepada ibu-ibu, bekerjasama dengan UMKM untuk mengemas ikan menjadi makanan ringan yang sehat dan menarik. 

"Konsumsi ikan sungguh memiliki keunggulan dari segi gizi yang tinggi, harga yang terjangkau, serta ketersediaan bahan yang berlimpah. Tugas kami ialah mengolah ikan menjadi makanan yang menarik dikonsumsi. Makanya kita adakan demo masak olahan ikan dan bekerjasama dengan UMKM untuk menciptakan makanan ringan yang sehat. Sosialisasi juga kita berikan untuk siswa-siswi agar mereka sadar akan pentingnya konsumsi ikan," jelasnya.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023