DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN LAMONGAN

Transportasi di Kabupaten Lamongan

Prasarana Jalan yang ada di Kabupaten Lamongan sangat menunjang pola pergerakan barang dan orang, sehingga mampu mendukung perekonomian masyarakat. Panjang jalan keseluruhan di Kabupaten Lamongan adalah 551.083 Km, terdiri dari Jalan Nasional 66.450 km, Jalan Provinsi 68.517 km, dan Jalan Kabupaten 416.116 km. Pusat Kota Lamongan hanya berjarak 63,5 km dari Bandara Internasional Juanda Surabaya dengan waktu tempuh 1 Jam 34 menit, serta berjarak 46,1 km dari Pelabuhan Tanjung Perak dengan waktu tempuh 1 jam 9 menit.

Kabupaten Lamongan dilalui oleh jalur rel ganda kereta api, yang menjadi bagian dari Jalur rel Kereta Api Jakarta - Semarang - Surabaya. Layanan kereta api di Kabupaten Lamongan didukung dengan keberadaan dua stasiun kereta api, yakni Stasiun Babat dan Stasiun Lamongan. Waktu tempuh dari stasiun Lamongan ke Stasiun Pasar Turi di Surabaya adalah 38 menit, sedangkan Perjalanan dari Stasiun Lamongan ke Stasiun Gambir Jakarta membutuhkan waktu tempuh antara 9 jam 52 menit hingga 10 jam 54 menit. Perjalanan dari Stasiun Lamongan menuju ke Stasiun Babat membutuhkan waktu tempuh 25 menit, sedangkan menuju ke stasiun Bojonegoro dari Stasiun Babat dibutuhkan tempuh antara 59 menit hingga 1 jam 22 Menit.

Kabupaten Lamongan memiliki Pelabuhan Paciran yang terletak di Desa Tunggul, Kecamatan Paciran Lamongan yang melayani penyeberangan ke Pelabuhan Bawean, Pelabuhan Garongkong, dan Pelabuhan Bahaur.