DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

Konsep Visual Logo HUT RI ke-78

Pemerintah telah merilis logo resmi HUT ke-78 RI yang akan diperingati tahun ini. Berikut link download logo hut RI resmi dari Kementerian Sekretariat Negara RI.
Bersamaan dengan sosialisasi dan pengumuman logo peringatan kemerdekaan itu, pemerintah juga merilis tema besar yang akan diusung. Adapun tema besar yang diusung dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun 2023 ini adalah "Terus Melaju untuk Indonesia Maju"


Berikut konsep visual logo Hari Kemerdekaan RI ke-78 yakni:

1. Estafet
Garis padat horizontal-tongkat estafet bermakna "teruskan". Selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa untuk bergotong royong menuju Indonesia Maju.

2. Terus Melaju
Angka 7 berbentuk arah panah ke atas bermakna bergerak maju. Bergerak progresif menuju Indonesia Maju.

3. Pancasila
Terbentuk dari 5 garis melengkung melambangkan Pancasila. Berlandaskan nilai-nilai pancasila. 5 garis melambangkan 5 sila dalam Pancasila sebagai landasan bernegara dalam proses melaju.

4. Tanggung Jawab Bersama

Perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis memiliki makna tanggung jawab bersama.
Bentuk solid melambangkan tujuan yang sama, beralih menjadi garis-garis bermakna latar belakang Negara Republik Indonesia yang beragam. Ekspresi rasa tanggung jawab bersama selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa melaju bersama menuju Indonesia Maju. (Bhineka Tunggal Ika)

5. Keberlanjutan
Perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis yang tidak terputus melambangkan keberlanjutan. Dimana Keberlanjutan progres pembangunan yang terus berlanjut dan tidak pernah berhenti dengan melibatkan setiap elemen bangsa untuk membangun bangsa dan negara yang adil makmur sentosa, bergotong royong menuju Indonesia Maju.

6. Globalisasi
Bentuk bulat yang ditampilkan oleh angka 8 merepresentasikan pola pikir global. Kemajuan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat, memproduksi SDM unggul menuju parade terdepan panggung dunia.