April

29

 2023

FESTIVAL KUPATAN WUJUD KOMITMEN PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN UNTUK MEMELIHARA TRADISI DAN BUDAYA PESISIR PANTAI UTARA LAMONGAN

 dinpmd
 510
 29-April-2023

LAMONGAN – Sepekan pasca Hari Raya Idul Fitri, sebagian umat muslim di Indonesia merayakan Lebaran ketupat yang merupakan salah satu tradisi masyarakat muslim di Indonesia, khususnya yang berada di Pulau Jawa termasuk Lamongan. Tahun ini, Lebaran ketupat jatuh pada hari Sabtu, 29 April 2023. Di Lamongan, Lebaran ketupat berlangsung semarak dengan hadirnya Festival Kupatan yang dilaksanakan di Tanjung Kodok Paciran.

Tradisi kupatan di Tanjung Kodok, dimulai sejak zaman Sunan Sendang Dhuwur. Tokoh ini yang menyebarkan agama Islam di pulau Jawa, khususnya daerah Paciran dan sekitarnya. Festival kali ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti pawai gunungan ketupat, di mana ketupat disusun menjadi gunungan besar yang kemudian diarak dari Terminal Paciran melewati Maharani Zoo and Goa dan berakhir di Parkir Timur Wisata Bahari Lamongan.

Festival Kupatan Tanjung Kodok ini, sebenarnya adalah event tahunan setiap Lebaran ketupat. Hanya saja festival ini sempat terhenti selama 3 tahun karena pandemi. Konten utama dari kegiatan festival kupatan ini adalah seni budaya pertunjukan dan kuliner adapun tujuan event ini adalah melestarikan tradisi, mendorong dan meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Lamongan.

Ada beragam acara yang akan dikemas dalam Festival Kupatan Tanjung Kodok ini. Tidak hanya pawai gunungan kupat, di acara ini pengunjung bisa menyaksikan live cooking sayur kupat dari ikatan chef Indonesai ICA (Indonesian Chef Association). Pawai gunungan ini juga serempak diikuti warga di wilayah Pantura Lamongan. Untuk puncak acara Festival Kupatan Tanjung Kodok akan berlangsung di halaman parkir WBL. Di sini juga ditampilkan drama kolosal sejarah kupatan Tanjung Kodok.

Drama kolosal ini dapat menjadi wisata edukasi bagi masyarakat, karena selain menyaksikan gunungan ketupat, warga juga melihat pertunjukan seni tentang sejarah festival kupat itu sendiri. Penutup acara, ada kenduri sewu kupat yang bisa didapatkan secara gratis oleh warga yang datang.

"Festival Kupatan Tanjung Kodok ini merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Lamongan untuk memlihara tradisi dan budaya pesisir pantai utara Lamongan dan telah terpilih menjadi salah satu event Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada tahun 2023 ini”, Tutur Bapak Zamroni, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan yang turut hadir memeriahkan acara tersebut.

#Festival_Kupatan_Lamongan2023



Pencarian

Cari konten yang ada pada kami !

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa

Kontak

Jalan Jaksa Agung Suprapto - Lamongan  Kode Pos : 62214  Telp. : (0322) 321171                .

dinpmd@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Lamongan 2023