DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN

DINAS KPP ANJURKAN PETANI MENGGUNAKAN AGEN HAYATI ANTISIPASI SERANGAN OPT

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Lamongan, menganjurkan kepada para petani agar memanfaatkan agens hayati untuk mencegah serangan hama wereng ke tanaman padi sehingga bisa mengurangi penggunaan pestisida kimia.

Kepala POPT Kab. Lamongan Bapak Mastur mengemukakan pihaknya mendapatkan aduan terkait dengan serangan hama wereng coklat pada tanaman padi petani, tepatnya di Ds. Rancang Kencono Kec. Lamongan.
"Temuan yang kami dapati tidak banyak, tapi tetap harus diwaspadai. Kami bersama para petani melakukan pengendalian dengan memanfaatkan agens hayati untuk mengendalikan populasi dari wereng batang cokelat ini," ucap beliau.

Ia mengungkapkan, agensia hayati merupakan suatu program dari Kementerian Pertanian, berkenaan dengan kelestarian lingkungan hidup. Salah satunya untuk menekan penggunaan pestisida.
Untuk mengatasi serangan hama wereng dengan agensia hayati memang harus bersabar. Namun hal itu juga berimbas positif, karena lingkungan yang aman dari ancaman pestisida.

Pihaknya berharap petani semakin sadar menggalakkan pertanian berkelanjutan dan dibudidayakan secara sehat menuju ke pertanian organik. Salah satu upayanya dengan menggunakan pestisida alami atau dikenal dengan agensia hayati.

@yuhronur_yes
@lamongankab
@kementerianpertanian