DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN

MANAJEMENT TANAMAN SEHAT, SEBUAH TROBOSAN BARU DI BIDANG PERTANIAN YANG RAMAH LINGKUNGAN

Kabupaten Lamongan sebagai sentra padi regional dan nasional, Budidaya padi sehat adalah menghasilkan dan menjanjikan, sebagai gambaran beras medium/umum ada di kisaran harga 8.300/kg sedangkan beras premium termasuk kategori beras sehat berkualitas di kisaran harga 9.700/kg. dengantyujuan mewujudkan MTS sebagai “role model” untuk pertanian di era revolusi industri 4.0 yang berbasis pendekatan agro ekologis/ramah lingkungan.
kawasan percontohan budidaya manajemen tanaman sehat (kawasan inti : desa besur,sekaran), kecamatan sekaran, karanggeneng, kalitengah,deket, glagah,dan karangbinangun.
Tahun 2018 sebelum diterapkan pertanian jagung modern provitas sebesar 7,13 ton/ha di tahun 2020 telah mencapai 7,58 ton/ha rata-rata kabupaten.sedangkan di kawasan inti (desa besur) yang akan dipanen sekarang berdasarkan hasil ubinan produktivitas mencapai 7,86 ton/ha. produk beras sehat dan berkualitas walaupun belum tersertifikasi (dimasukkan dalam prioritas fasilitasi di tahun 2020). Efisiensi budidaya MTS dibandingkan non MTS terutama di pemupukan dan pengendalian hama secara alami.

dampak dari pertanian manajemen tanaman sehat di kabupaten lamongan
1. peningkatan produksi dan produktivitas padi
2. replikasi konsep mts di beberapa wilayah seperti desa-desa di kecamatan sekaran dan kecamatan babat

3. tahun 2019 melalui mts pas baper kabupaten lamongan memperoleh penghargaan top 25 kovablik provinsi jawa timur