DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN

GERAKAN PENGENDALIAN HAMA PENGGERAK BATANG PADI DENGAN PESTISIDA NABATI

GERAKAN PENGENDALIAN HAMA PENGGERAK BATANG PADI DENGAN PESTISIDA NABATI
Pestisida Nabati sebagai suatu pestisida yang bahan aktifnya berasal dari tanaman atau tumbuhan dan bahan organik lainnya yang berkhasiat mengendalikan serangan hama dan penyakit tanaman. Pestisida nabati digolongkan menjadi pestisida alami yang bahan bakunya mudah diperoleh di sekitar kita. Secara global terdapat lebih dari 1500 jenis tumbuhan dan telah dilaporkan dapat digunakan sebagai sumber bahan baku pestisida nabati. Sedangkan di Indonesia, sebenarnya sangat banyak jenis tumbuhan penghasil pestisida nabati dan diperkirakan ada 2400 jenis tanaman yang termasuk ke dalam 235 famili. Tanaman yang berpotensi sebagai bahan pestisida memiliki ciri beraroma kuat, rasa yang pahit, tidak disukai serangga hama dan dapat digunakan sebagai tanaman obat.
Jenis pestisida nabati ini residunya mudah terurai (biodegradable) di alam dan mudah hilang serta dapat dibuat dengan biaya yang murah sehingga tidak mencemari lingkungan serta relatif aman bagi manusia dan hewan ternak. Pestisida ini berbahan aktif tunggal dan majemuk dapat berfungsi sebagai penghambat nafsu makan (anti feedant), penolak (repellent), penarik (atractant), menghambat perkembangan, menurunkan keperidian, pengaruh langsung sebagai racun dan mencegah peletakkan telur. Di alam terdapat lebih dari 1000 spesies tumbuhan yang mengandung insektisida lebih dari 380 spp (zoologi dan botani) mengandung zat pencegah makan (antifeedant), lebih dari 270 spp mengandung zat penolak (repellent), lebih dari 35 spp mengandung akarisida dan lebih dari 30 spp mengandung zat penghambat pertumbuhan
Cara kerja pestisida organik sangat spesifik, yaitu :
• Merusak perkembangan telur, larva dan pupa
• Menghambat pergantian kulit
• Mengganggu komunikasi serangga
• Menyebabkan serangga menolak makan
• Menghambat reproduksi serangga betina
• Mengurangi nafsu makan
• Memblokir kemampuan makan serangga
• Mengusir serangga
• Dapat menghambat perkembangan patogen penyakit

Pagi ini Bapak Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lamongan, di damping Kabid Tanaman pangan berseta Penyulu Kec. Kedungpring Melaksanakan gerdal hama peenggerak batang padi menggunakan Pesstisida Nabati. Kegitan ini dilaksankan di Kelompok tani Basuki Jangur Ds. Mekanderejo Kec. Kedungpring.
Untuk Luasan Pengendalian ini kurang lebih mencapai 5 hektar. Sesuai pengamatan Penyuluh dilapangan populasi hama penggerak batang ini di perkirakan menetas dalam minggu ini, dengan demikian pengendalian dianggap sangat efektif untuk mengurangi populasi larfa maupun imago yang baru menetas.