DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN

PANEN RAYA PADI INPARI 32

Ibu Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lamongan di Dampingi Kabid Tanaman pangan menghadiri panen padi varietas Inpari 32. yang diadakan di Desa Klagen Srempat Kecamatan Maduran.
Benih padi Inpari 32 ini merupakan jenis benih padi yang tahan atas pembusukan daun. Dengan jenis tanah di Kabupaten Lamongan yang pada dasarnya merupakan daerah yang lembab, sehingga benih tersebut cocok untuk ditanam di kawasan ini. Disamping itu, padi varietas ini bisa menghasilkan padi hampir dua kali lipat dari padi yang biasa ditanam oleh petani Lamongan.
Adapun bantuan benih inpari 32 di Kecamatan Maduran seluas 1.300 ha, untuk di Desa Klagen Srempat sendiri mncapai 45 ha. Dari hasil ubinan, untuk provitas mencapai 8 – 8,5 ton/ha. Sumber dana bantuan benih padi inpari 32 ini berasal dari APBN tahun 2022.
pengembangan padi Inpari 32 menjadi salah satu upaya Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lamongan guna menyiapkan cadangan pangan yang cukup untuk seluruh masyarakat dengan cara pengembangan varietas baru Inpari 32.
Efisiensi lahan pertanian, efisiensi budidaya usaha pertanian bisa terus meningkat, sehingga penghasilan petani bertambah serta cadangan pangan Kabupaten Lamongan bisa surplus.
Kondisi ketahanan pangan di Kabupaten Lamongan baik dan mengalami surplus padi. Lumbung padi sudah disiapkan oleh dinas Ketahanan Pangan dan pertanian Kabupaten Lamongan guna menjaga ketahanan pangan. Sampai hari ini kondisi ketahanan pangan di Kabupaten Lamongan masih sangat baik.
Di musim panen saat ini, kita surprus lagi dan tidak ada masalah dengan ketahanan pangan di Kabupaten Lamongan. Lumbung-lumbung tanaman pangan juga sudah disiapkan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dan oleh masyarakat juga sudah disiapkan untuk menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Lamongan