DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN

KUNJUNGAN DINAS KE TAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN KABUPATEN LAMONGAN KE PRODUSEN BENIH

KUNJUNGAN DINAS KE TAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN KABUPATEN LAMONGAN KE PRODUSEN BENIH
Benih merupakan salah satu bahan dasar dalam budidaya tanaman memegang peranan yang sangat penting baik dalam memperbanyak tanaman maupun dalam mendapatkan produk hasil pertanian. Benih bermutu dengan kualitas yang tinggi selalu diharapkan oleh petani. Oleh karena itu, benih harus selalu dijaga kualitasnya sejak diproduksi oleh produsen benih, dipasarkan hingga sampai di tangan petani untuk proses penanaman. Untuk menjaga kualitas benih tersebut, maka peranan pengujian kemurnian benih menjadi sangat penting dan harus dilakukan terhadap benih baik ditingkat produsen benih, pedagang benih maupun pada tingkat petani.
Rabu 15/06 Ibu Kepala Dinas Kpp Kabupaten Lamongan di dampingi Kabid TPH bersama penyuluh Se Kabupaten Lamongan
maleksanakan kunjungan Industri ke Produsen Benih PT. Agri Makmur Pertiwi. Kegiatan seperti produksi benih, penyimpanan benih, produksi benih harus di lakukan secara baik sesuai standart mutu. disini peyuluh pertanian kabupaten Lamongan saling memberi masukan bagaimna dapat memproduksi benih yang sesuai permintaan petani dilapangan. Seperti benih dengan bulir yang lebih berisi, tidak mudah rebah serta umur yang genjah.
Tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk mendapatkan informasi tentang jenis komoditas, Varietas/klon, jenis benih dan kelas benih yang diusahakan serta melaksanakan koordinasi dengan penangkar benih terkait dengan rencana pemberian bantuan benih dari dinas kepada kepada kelompok tani, dimana setiap benih yang akan diedarkan harus melalui sertifikasi dan memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh pemerintah.