DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN

POTENSI HORTIKULTURA KABUPATEN LAMONGAN, PANEN RAYA BUAH MELON DI KECAMATAN SUGIO

Setelah panen Melon di Kecamatan Sugio Bapak Bupati Lamongan Lanjut geser Ke Kecamatan Kedungpring. Di kecamatan kedungpring Bapak Bupati Lamongan di dampingi Kepala Dinas ketahanan pangan dan pertanian Kabupaten Lamongan serta POPT Provinsi melaksanakan pencegahan hama penyakit padi tanaman padi.

Kabupaten Lamongan sebagai  sentra tanaman pangan terus berupaya meningkatkan keberlanjutan produksi dan produktivitas padi, sampai bulan mei 2022 atau musim tanam 2021/2022 telah tertanam padi seluas 116.519 hektare dan luas panen seluas 68.238 hektare, yang artinya masih ada sekitar 48.281 hektare tanaman belum panen yang harus dijaga agar bisa panen pada waktunya. tantangan dan gangguan dalam pertanaman adalah hama penyakit tanaman padi, salah satunya adalah penyakit blas/busuk leher.

penyakit blas yang menyerang tanaman padi ini dapat menurunkan hasil secara nyata. gangguan penyakit blas di daerah endemis sering menyebabkan tanaman padi menjadi puso. untuk itu dalam rangka mitigasi dan pencegahan serta penanganan serangan blas diperlukan satu komitmen gerakan pengendalian bersama yang selain efektif juga ramah lingkungan melalui gerakan pengendalian hama penyakit tanaman secara hayati.

 

gerakan pengendalian organisme pengganggu tumbuhan (opt) di desa blawirejo, kecamatan kedungpring seluas 10 hektare dengan agen hayati pgpr dan tcd. perkembangan teknologi pertanian bisa melakukan penyemprotan dengan menggunakan drone yang pada saat ini dilakukan. dengan bekerjasama dengan kppah yang di lamongan berjumlah 22 adalah sebuah modal awal untuk melakukan gerakan bersama atau dalam istilah militer membentuk sebuah brigade pengendalian opt yang efektif,efisien dan ramah lingkungan.