DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN

TRANSPLANTER PERCEPAT WAKTU TANAM

TRANSPLANTER PERCEPAT WAKTU TANAM
Menanam padi memakai tenaga manusia adalah hal yang sudah biasa namun berbeda dengan kelompok tani Desa Kadungrembug yang mana pada musim MK I menanam padinya dengan menggunakan alat tanam berupa Transplanter hal ini akan mempunyai dampak yang sangat baik untuk pertanian dimasa depan yang tidak hanya mengandalkan tenaga manusia saja tetapi sudah beralih menggunakan mesin.
Perlu diketahui bahwa tanam padi memakai Transplanter tentunya dengan menggunakan bibit padi yang masih sangat muda dg umur semai antara 15-17 HSS, adapun kelebihan tanam bibit padi yang masih muda diantaranya tidak mengalami stres dan cepat beradaptasi dikarenakan tanaman masih mempunyai cadangan, pertumbuhan akan lebih baik karena perakaran lebih cepat menyebar dan perakaran lebih dalam sehingga memudahkan tanaman untuk menyerap unsur hara dan yang terakhir anakan akan lebih banyak.
Perlu diketahui Tanam memakai Transplanter di Desa Kadungrembug Poktan Margo Subur seluas 15 ha dengan bekerjasama dengan PT. Corin yang telah menyediakan bibit dan alat tanam serta pemeliharaannya. Dimana semua biaya tersebut akan di bayar petani ketika saat panen nanti.
Menurut Sukirman ketua Kelompoktani mengatakan bahwa dengan adanya program kemitraan dari PT. Corin setidaknya dapat meringankan petani,yang asalnya petani harus mengeluarkan uang didepan untuk biaya taninya namun dengan adanya program kemitraan tersebut petani bayar di belakang.