DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN

PEMANFAATAN HAMA SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR

PEMANFAATAN HAMA SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR
Keberadaan keong mas selama ini dikenal sebagai hama khususnya pada tanaman padi. Walaupun dianggap sebagai hama, kenyataannya keong emas memiliki manfaat tersendiri. Umumnya keong emas dijadikan sebagai olahan makanan ataupun pakan ternak unggas. Selain hal itu, sebenarnya keong mas juga dapat diolah menjadi POC yang berguna bagi tanaman.
Pagi ini penyuluh Bpp Kedungpring Bersama POTP Kab Lamongan Mastur As dan juga kelompok tani Sido Makmur Takeran melaksanakan Penyemporan POC pada tanaman padi, kegiatan ini di laksanakan di Desa Mojodadi, untuk penyemprotan sendiri dilaksanakan pada tanaman padi yang berumur kurang lebih 70 Hst. Berikut bahan yang dibutuhkan untuk pembupatan POC keong mas dan Cara pembuatannya
Bahan yang dibutuhkan :
1 kg keong emas (hidup)
4 liter air cucian beras
4 liter air putih
160 ml EM4
400 gr gula merah
Cara pembuatan
Masukkan air cucian beras dan aktivator dalam ember, aduk supaya tercampur rata. Lalu biarkan semalaman agar mengendap
Tumbuk keong mas beserta cangkangnya hingga benar-benar hancur
Encerkan gula merah, campur dengan air bersih dan air kelapa dalam satu wadah
Campurkan semua bahan menjadi satu lalu aduk hingga merata
Tutup wadah yang menyimpan adonan POC ini
Setelah melewati semua tahapan diatas adonan akan mengalami proses fermentasi. POC dari keong emas akan akan selesai dalam waktu 10-15 hari ke depan. Takaran untuk mencampurkan POC keong emas dengan air sebelum disebarkan sekitar 200 sampai 250 ml untuk 15 liter air.
Manfaat dari POC berbahan dasar keong mas ini secara ilmiah dapat membantu menyuburkan tanah karena keong emas memiliki kandungan kitin. Selain itu POC berbahan keong emas ini mampu menjadi sumber mikroba yang baik bagi tanaman karena telah melewati masa fermentasi.