DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN

GERDAL WBC DI KECAMATAN SUGIO

Gerakan Pengendalian (Gerdal) serangan Wereng Batang Coklat (WBC) dilaksanakan di beberapa area pertanaman padi di Kecamatan Sugio oleh, Petugas Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (POPT), Penyuluh Pertanian Kec. Sugio, Gapoktan dan Poktan yang padinya terserang hama WBC.
Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens) merupakan jenis serangga yang menyerang bagian batang padi. Hama ini memperoleh makanan dengan cara menghisap cairan pada batang padi hingga tanaman padi menjadi kering dan kecoklatan. selain itu tanaman padi akan seperti terbakar (hopperburn) yang diakibatkan oleh cairan pada batang tanaman yang dihisab oleh wereng tersebut.
Upaya pengendalian telah dilakukan, yaitu dengan Gerdal antara, POPT Kab. Lamongan, Penyuluh Pertanian Kec. Sugio, dengan melibatkan kelompoktani dan Gapoktan. Gerdal di Kecamatan Sugio dilaksanakan di Desa Gondanglor, Intensitas serangan WBC di Desa ini masih bisa dibawah ambang normal.
Pengendalian ini menggunakan pengendalian basa, dengan bahan pop=20,83e/r.nimpa/makroptera, yang merupakan bantuan dari Dinas Kpp Kabupaten Lamongan Sebagai upaya menaggulangi serangan WBC.