DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN

GERDAL HAMA TIKUS, ANTISIPASI SERANGAN MUSIM TANAM YANG KE-II

GERDAL HAMA TIKUS, ANTISIPASI SERANGAN MUSIM TANAM YANG KE-II
Kembangbahu-Mengawali musim tanam kedua di tahun 2022, Untuk menekan serangan hama tikus Dinas Kpp Kabupaten Lamongan bersama Pemdes Desa Randubener Kecamatan Kembangbahu dan Kelompok Tani melaksanakan Gerdal pagi ini(25/01).
Gerdal yang dilakukan ialah dengan cara gropyokan. Dengan cara melakukan pemburuan langsung atau membunuh tikus secara langsung. Pada gropyokan kali ini klompok tani menggunakan alat emposan dengan sumber panas berasal dari gas elpiji dengan racun asapnya menggunakan belerang. Belerang dimasukkan ke dalam liang atau lubang tikus secukupnya kemudian api yang berasal dari alat emposan dengan bahan gas elpiji ini di disemburkan ke belerang. Selanjutnya belerang akan terbakar menghasilkan panas, dan asap yang terdorong oleh semburan api dari gas elpiji akan menjadi racun. Sehingga tikus yang ada di sarangnya akan terperangkap gas belerang dan hembusan panas dari emposan.
Gerdal hama tikus ini akan dijadwalkan secara rutin, dengan cara ini diharapkan hama tikus dapat terkendali. Sehingga tidak akan merusak tanaman padi petani dan tidak mengakibatkan kerugian atau gagal panen bagi petani.
Dinas Kpp Kabupaten Lamongan