DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN

UBINAN BERSAMA BPTP JAWA TIMUR

BPP Kecamatan Babat dan BPP Kecamatan Sekaran melakukan ubinan bersama BPTP Jawa Timur . Ubinan ini dilaksanakan di lahan sawah milik petani dengan padi varietas Inpari 32 di Kecamatan Babat dan Sertani 13 di kecamtan Sekaran.

 Ubinan merupakan cara untuk melihat perkiraan hasil panen tanaman padi atau palawija melalui titik sampel dengan cara diukur dengan ukuran 2,5 x 2,5 m² yang kemudian hasilnya diukur dan ditimbang. 

Hasil ubinan inilah yang dijadikan dasar dalam penentuan produksi padi dalam 1 Ha. Tujuan dari pengambilan sampel ubinan ini adalah untuk mengetahui perkiraan produktivitas tanaman padi dalam luasan 1 Ha.

 Pelaksanaan ubinan pada hari itu juga didampingi oleh Bapak Ardansya selaku petuas dari BPTP Jawa Timur. dan Bapak Camat Babat. Lokasi titik ubinan yang pertama ada di Desa Truni Kecamatan, Desa Truni Terkenal dengan padinya yang bisa Tanam sepanjang tahun. Lokasi Desa truni sangat strategis karena berada di bantaran sungai dengawan Solo.

 Dari hasil ubinan Pertama di kecamatan Babat diperoleh hasil 5,4 kilogram gabah kering panen (gkp) dari luasan petak ubinan 2,5 x 2,5 meter.  Bila dikonversi, maka diperoleh hasil produktivitas padi varietas Cilamaya Muncul di lahan tersebut adalah 8,64 kwintal/hektar.Sedangkan Untuk di Kecamatan Sekaran  diperoleh hasil 5,01 Kilogram dengan Varietas padi Sertani 13. Bila dikonversi, maka diperoleh hasil produktivitas padi varietas Cilamaya Muncul di lahan tersebut adalah 8,01 kwintal/hektar. diharapkan dengan adanya ubinan ini memberikan kemudahan petani dalam memprediksi hasil panennya