DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN

EMPLOT PENGEMBANGAN KAMPUNG PERAMALAN DI KABUPATEN LAMONGAN

Kunjungan Kepala Dinas BBOPT, Jatim Dan Kadis Holtikultura kabupaten Lamongan
Kampung Peramalan Pengembangan Teknologi P3OPT Daerah Endemis dan DAT Padi di pendopo Kantor Desa Maduran Kecamatan Maduran, Jum’at (23/02/2024).

Drs. Moch. Wahyudi, M. M, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Kabupaten Lamongan) Menerangkan intinya, “Kegiatan Pagi ini merupakan Program Kampung Peramalan Ferocasting Smart Eco Village di Desa Maduran Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan,”.

Pelaksanaan Kegiatan Program Kampung Peramalan ferocasting smart eco village di Ds. Maduran Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan, sangat bagus, selain membantu petani untuk meraih produktivitas tinggi, juga menjadi ajang untuk petani menimba ilmu, untuk itu saya menghimbau agar petani selalu hadir dalam setiap pertemuan.

Ir. Dydik Rudy Prasetya M. MA (Kepala dinas tanaman pangan dan Holtikultura propinsi Jawa Timur)  Menerangkan Pada Awak Media  Analisajatim.id, “Sangat Bangga dan menyambut baik dan siap mendukung terlaksanannya program kampung peramalan, dengan program ini pembangunan pertanian di Jawa Timur khususnya Lamongan bisa lebih baik dan maju,”Ujar Kadis.Holtikultura Jatim.

Kadis.Holtikultura Jatim. Id, Menambahkan Dalam Penjelasannya Agar petani tidak terus menerus menggunakan zat kimia, pemakaian dalam jangka panjang justru berpotensi menurunkan hasil dan merusak lingkungan.

Mari Kita rawat Tanah ini dengan Bijak agar Dapat Mewariskan Lahan yang Subur Kepada Anak cucu kita,” Pungkas Kadis
Diagenda yang Sama Kepala Balai Besar Peramalan organisne Penganggu Tumbuhan Ir. Yuris Tiyanto, M.M, Program pengembangan kampung peramalan bertujuan untuk meningkatkan produksi padi dan mendukung ketahanan pangan nasional.

Kampung Peramalan Merupakan Kawasan yang menerapkan teknologi pengamatan, peramalan dan pengendalian organisme pengganggu tumbuhan (P3OPT) terpadu yang presisi, efektif, efisien, menguntungkan dan ramah lingkungan.

Program ini juga bertujuan untuk memperkenalkan Disruptive Agriculture Technology (DAT) padi yang low input, high productivity (input biaya rendah dengan hasil produksi tinggi) berbasis P3OPT.

Kampung Peramalan diharapkan dapat Meningkatkan Produksi Padi Minimal 2 kali lipat dengan B/C Ratio minimal 2, pogram ini juga bertujuan untuk menyebarkan teknologi P3OPT kepada petani dan mengembangkan model usaha Korporasi hulu hilir padi yang berkelanjutan.

Program Kampung peramalan merupakan salah satu upaya BBPOPT untuk mendukung ketahanan pangan nasional, kami berharap program ini dapat meningkatkan produksi padi dan kesejahteraan petani di Indonesi.