DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN

PANEN RAYA TEBU AWALI MUSIM TEBANG TAHUN INI

Dalam rangka untuk mengawali musim tebang tebu tahun 2023 di Kabupaten lamongan Pemerintah Kabupaten Lamongan bersama PT.KTM melaksanakan panen raya tebu di Desa Tugu Kecamatan Mantup (05/07).
Kabupaten Lamongan merupakan salah satu kabupaten penghasil tebu, wilayah kecamatan penghasil tebu diantaranya kecamatan kembangbahu, tikung, mantup, sambeng, ngimbang, sukorame, bluluk, modo, kedungpring dan sugio.
adapun luas tanaman tebu di kabupaten lamongan pada tahun 2021 seluas 3.259 ha dengan produksi 198.637 ton provitas 600 kuintal / ha rendemen 7,5% tebu giling sedangkan pada tahun 2022 yaitu luas tanam sekitar 3.601 ha, produksi 226.994 ton dan provitas 613 kuintal / ha rendemen 7,5%, varietas yang ditanam petani rata-rata adalah bulu lawang, cenning, ps-862, ps-881. waktu mulai berbudidaya tanaman tebu di kabupaten lamongan pada bulan november sampai bulan maret tahun berikutnya, karena di kabupaten lamongan memakai sistem tadah hujan jadi menunggu waktu hujan saat berbudidaya tanaman tebu atau biasa disebut sistem pola B.
Di kecamatan mantup memiliki luasan tanaman tebu seluas 827 ha sedangkan di desa tugu sendiri memiliki luasan 50 ha dan yang akan dilakukan proses tebang nantinya seluas 2,4 ha pada lahan tebu ini.
tujuan kegitan panen raya ini bertujuan memberikan semangat kepada petani tebu di kabupaten lamongan untuk terus berusaha tani tebu dan juga semoga produksi, produktivitas tanaman tebu terus meningkat serta rendemen yang tinggi agar menghasilkan tanaman berdaya jual tinggi dan hasilnya dapat dirasakan manfaatnya oleh para petani tebu di kabupaten lamongan.
komoditas tanaman tebu di kabupaten lamongan dirasa masih kurang mendapatkan alokasi bantuan yang cukup, baik bantuan yang ada di on farm atau off farm serta kegiatan-kegiatan intensifikasi tanaman tebu, dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa memberikan suatu inovasi baru tentang berbudidaya tebu.