DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN

PANEN RAYA PADI DENGAN PENERAPAN MANAJEMEN TANAMAN SEHAT DI LAHAN SEKOLAH LAPANG DAN PENGELOLAHAN HAMA TERPADU

PANEN RAYA PADI DENGAN PENERAPAN MANAJEMEN TANAMAN SEHAT DI LAHAN SEKOLAH LAPANG DAN PENGELOLAHAN HAMA TERPADU

Pembangunan pertanian di kabupaten lamongan adalah salah satu program prioritas yakni lumbung pangan lamongan. pada tahun 2022 kabupaten lamongan menduduki peringkat pertama produksi terbesar di jawa timur berdasarkan angka tetap berita resmi statistik bps jawa timur produksi padi mencapai 903.882 ton gabah kering giling.
Di musim tanam penghujan tahun 2022/2023 ini sampai minggu ketiga luasan tanam telah mencapai 131.347 hektare dan luasan panen 84.380 hektare dengan produksi sebesar 633.694 ton gabah kering atau setara 406.832 ton beras.
Desa prijekngablak kecamatan karanggeneng termasuk wilayah yang mengaplikasikan bahan organik dengan konsep sekolah lapang pengendalian hama terpadu, memanfaatkan kearifan lokal seperti elisitor biosaka dan penggunaan agen hayati dan poc yang ramah lingkungan yang mampu menghasilkan provitas rata-rata sebesar 9,46 ton/hektare. secara nyata pertanian dengan konsep pertanian ramah lingkungan menghasilkan produksi yang tinggi. di kabupaten lamongan sesuai data terakhir dan akan terus berkembang telah ada 503 hektare yang mengaplikasikan penggunaan bahan organik di sawah yang ini masih belum semuanya dan masih dilakukan pendataan.
• tantangan di musim panen padi di tahun 2023 ini tidaklahah mudah untuk kembali menghasilkan produksi seperti di tahun 2022, ancaman elnino periode mei – agustus harus dimitigasi dan diantisipasi dengan langkah kongkrit diantaranya percepatan tanam, penggunaan varietas tahan kekeringan/adaptif kondisi kurang air dan juga sekolah iklim sebagai upaya menghadapi kondisi iklim elnino, dengan kerja bersama petani, kelompoktani, ppl, popt dan dinas mulai koordinator ,kepala upt sampai kepala dinas ,kita akan berusaha mempertahankan dan meningkatkan produksi padi di tahun 2023 dan tetap menjadikan lamongan sebagai penopang lumbung pangan di jawa timur dan indonesia.