DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN

PERTEMUAN SOSIALISASI REGULASI BENIH PERKEBUNAN TAHUN ANGGARAN 2023

PERTEMUAN SOSIALISASI REGULASI BENIH PERKEBUNAN TAHUN ANGGARAN 2023

Sosialisasi Regulasi Benih Perkebunan untuk Petani Tanaman Perkebunan dilaksanakan pada hari Kamis, 22 juni 2023 di Ruang Pertemuan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lamongan. Pertemuan ini dihadiri oleh UPT Pengembangan dan Sertifikasi Benih Perkebunan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur, BPTP Surabaya dan petani di 8 (delapan) Wilayah Kecamatan Penghasil Tembakau serta Bidang Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kabupaten Lamongan. Tujuan dilaksanakannya pertemuan ini untuk memberikan pengetahuan kepada petani mengenai regulasi benih bersitifikat guna meningkatkan hasil produksi dan mengurangi risiko kerugian akibat gagal panen dalam budidaya perkebunan.
Sertifikasi adalah adalah rangkaian kegiatan penerbitan sertifikat terhadap benih yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi melalui pemeriksaan lapangan, pengujian laboratorium dan pengawasan serta memenuhi persyaratan untuk diedarkan. Mengingat benih merupakan salah satu faktor utama yang menentukan tingkat hasil produksi tanaman, selain pupuk, cahaya, air, dan iklim sehingga dirasa perlu untuk menggunakan benih bersertifikat dalam budidaya tanaman perkebunan.
Bidang Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lamongan bersama dengan UPT Pengembangan dan Sertifikasi Benih Perkebunan, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur siap memfasilitasi penangkar benih maupun petani tanaman perkebunan yang hendak melakukan sertifikasi benih guna menjaga kemurnian varietas dan memelihara mutu benih yang dimilikinya hingga mendapatkan benih dengan varietas unggul lokal baru.