DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN

LOMBA CIPTA MENU OLAHAN PANGAN LOKAL NON BERAS

LOMBA CIPTA MENU OLAHAN PANGAN LOKAL NON BERAS

Lomba Cipta Menu Olahan Pangan Lokal B2SA (Beragam,Bergizi, Seimbang, dan Aman) Non Beras diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamongan sebagai upaya untuk mendorong konsumsi pangan masyarakat agar sesuai pola konsumsi pangan harapan sehingga terbentuk sumberdaya manusia yang aktif, produktif, dan unggul. Kegiatan ini dilaknakan pada hari Kamis, Tanggal 22 Juni 2023 di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan mulai puku 07:00 WIB.

Dalam membuka kegiatan ini Bapak Bupati mengatakan bahwa hal ini merupakan cara untuk memanfaatkan potensi makanan dari bahan makanan non beras yang tidak membosankan dan bergizi untuk keluarga.

“Ini adalah memanfaatkan potensi lokal. Banyak sekali potensi makanan dari bahan makanan non beras yang bisa diolah menjadi makanan yang sehat dan berkualitas tentunya. Kita juga akan terus membiasakan membuat makanan bergizi khususnya untuk anak-anak kita sehingga mereka mendapatkan makanan yang tidak membosankan, menyenangkan, dan lebih bergizi. Karena tantangan kita untuk stunting ini tidaklah ringan, target di tahun 2024 angka stunting ini sebagaimana arahan Bapak Presiden harus di bawah 14 persen, sedangkan kita sekarang masih di angka 27 persen, untuk itu berbagai effort harus dilakukan,” terang Pak Yes.

Tujuan dari lomba ini yaitu Meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat di Kabupaten Lamongan akan pentingnya konsumsi pangan B2SA, Mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu B2SA berbasis sumberdaya lokal. Membangun budaya keluarga untuk mengkonsumsi menu makanan B2SA dalam memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari dengan memanfaatkan potensi pangan yang ada di sekitar rumah.