DINAS KESEHATAN

Pelaksanaan Workshop Kader Posyandu

Pelaksanaan Workshop bagi Kader Posyandu dalam Penyelenggaraan Pengembangan Posyandu dan Kunjungan Rumah yang dilaksanakan di ruang pertemuan Lesung Si Panji Dinas Kesehatan, diikuti 280 kader perwakilan posyandu dari seluruh puskesmas di Kabupaten Lamongan.

Kegiatan yang dilaksanakan bergilir selama 7 hari berisi tentang pengenalan penerapan Posyandu Prima atau Posyandu Keluarga yangmana sasaran dari kegiatan Posyandu nantinya tidak hanya bayi/balita saja, tetapi sesuai dengan siklus hidup (ibu hamil/nifas-ibu menyusui, bayi-balita/apras, usia sekolah/remaja, usia produktif, dan lansia) dan juga refreshing cara pengukuran alat antropometri terbaru.

Selain itu, kegiatan ini juga menjelaskan 25 Keterampilan Dasar Kader posyandu yang harapannya Kader memiliki kompetensi dalam pelaksanaan Posyandu dengan pelayanan sesuai siklus hidup. Tak hanya itu, kader juga nantinya dapat melakukan kunjungan rumah bagi keluarga yang memiliki resiko kesehatan untuk dipantau kondisi kesehatannya.

Pengembangan pelayanan di Posyandu sesuai siklus hidup termasuk dalam upaya untuk menurunkan angka stunting, dengan melakukan pemantauan sejak kehamilan ibu hingga pasca persalinan. Sekaligus memantau status kesehatan anak usia sekolah/remaja, usia produktif, hingga lansia.

#TETAPSEMANGATUNTUKMANFAAT
#LAMONGANSEHAT
#INDONESIAKUAT
#dinkeslamongan
#Lamonganmegilan
#pemkablamongan