DINAS KESEHATAN

Seminar dan Pameran Produk Asman dalam "Festival Asman 2023"

Seminar dan Pameran Produk Asman


Dinas Kesehatan Kab. Lamongan selenggarakan Seminar dan Pameran Produk Asman yang di kemas dalam acara Festival Asman, Jum’at (23/06) di Lt. 7 Kantor Pemkab Lamongan.

Asuhan Mandiri (ASMAN) merupakan upaya masyarakat untuk memelihara kesehatannya dan mengatasi masalah kesehatan ringan secara mandiri, dengan memanfaatkan TOGA (Taman Obat Keluarga) dan ketrampilan akupresur. 


TOGA merupakan sekumpulan tanaman berkhasiat yang ditanam di pekarangan rumah dan diramu untuk memelihara kesehatan keluarga. 


Akupresur merupakan ketrampilan yang dilakukan dengan melakukan penekanan/ pemijatan di titik-titik akupuntur pada permukaan tubuh dengan menggunakan ujung jari atau alat bantu lain untuk perawatan kesehatan.


Pemerintah Kabupaten Lamongan memberikan perhatian yang sangat besar terhadap pengembangan kelompok Asman. Sejak Tahun 2017 telah dibentuk 140 kelompok Asman yang tersebar di seluruh kecamatan. Semua Puskemas telah memiliki Fasilitator Asman yang terlatih. Ada 12 dokter di jajaran Dinas Kesehatan dan Puskesmas yang telah terlatih  akupuntur. Potensi sumber daya manusia di Kabupaten Lamongan cukup besar untuk memajukan kelompok Asman. 


Setiap tahun Kabupaten Lamongan menggelar Festival Asman, rangkaian kegiatan Festival Asman Tahun 2023, antara lain lomba kelompok Asman, pameran produk olahan Toga, dan Seminar Asman. Lomba kelompok Asman dimulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten. Pameran produk olahan Toga dimaksudkan untuk menggali potensi kelompok-kelompok Asman dalam mengolah Toga menjadi produk yang bermanfaat dan bernilai ekonomi tinggi. Lomba Kelompok Asman Tahun 2023 diikuti oleh 32 desa yang mewakili seluruh Kecamatan.


Dengan diselenggarakannya acara Festival Asman ini, masyarakat didorong untuk membentuk kelompok Asuhan Mandiri sebagai upaya pencegahan terhadap masalah kesehatan dalam keluarganya, dengan bisa mengatasi masalah kesehatan ringan secara mandiri diharapkan angka kesakitan akan menurun sehingga biaya pemeliharaan kesehatan masyarakat dapat ditekan.


#TETAPSEMANGATUNTUKMANFAAT

#LAMONGANSEHAT

#INDONESIAKUAT