DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

[REPORTASE] CELENGAN : AKU SAYANG TEMAN



Kamis, 21 April 2022 pukul 09.00 - 10.00 WIB melalui LIVE instagram @arpusdalamongan, program CELENGAN (Cerita Online Lamongan) kembali hadir dengan cerita yang sangat menarik. Judul cerita yang dibacakan yaitu Aku Sayang Teman karya Yenny S. Firdaus. Buku Aku Sayang Teman dibaca dengan metode Read Aloud oleh Kak Laras dan Bunda Muflihah. Bunda Muflihah adalah salah satu guru dari TK Pertiwi IV Perdurungan kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Lamongan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan dalam program Celengan. Guru-guru Paud/TK se-Kabupaten Lamongan terjadwal sebagai pengisi baik dengan metode Read Aloud atau mendongeng dengan didampingi petugas celengan dari Arpusda.

Celengan pada hari ini, buku yang dibacakan menceritakan tentang seorang anak bernama Arif yang melihat temannya Rifky sedang bersedih. Rifky sedih karena ibunya belum menjemputnya padahal sekolah sudah selesai. Arif kemudian mengatakan ke ibunya kalau bermain dulu dengan Rifky sambil menunggu ibu Rifky datang menjemput. Setelah ibunya Rifky datang, mereka kemudian pulang bersama. Arif sayang dengan temannya hingga tidak ingin melihat temannya bersedih.

Selain membacakan buku, Kak Laras dan Bunda Muflihah juga berdiskusi tentang Ibu Kartini karena tanggal 21 April bertepatan dengan Hari Kartini. Sahabat Literasi yang menyaksikan LIVE di rumah juga ikut berpartisipasi dengan  mendongeng atau read aloud. Ada juga yang berbagi cerita dan juga pengalaman tentang literasi.