BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH

Apel Kesiapsiagaan Bencana

 

Mengahadai peralihan Musim Pancarobah dan Bencana Hdirometereologi di Kabupaten Lamongan, Pemerintah Kabupaten Lamongan mengadakan Apel Kesiapsiagaan di Alun-alun (24 Oktober 2022), peserta terdiri dari BPBD Kab. Lamongan, Kodim 0812 Lamongan, Polres Lamongan, Satpol PP, Dinsos, Satpol PP, Dishup, Damkar dan Istansi terkait serta Relawan. dalam Apel juga diperlihatkan Sarana dan Prasaran sebagai penunjang kegatan seperti Mobil Ranger, Truk , alat berat, Mesin Shainsow, Perahu Karet, Alat Selam dan penunjang lainnya.

Dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana tersebut, Bupati Lamongan dalam sambutannya mengatakan terdapat beberapa langkah yang dpaat dilakukan untuk mendukung hal tersebut, diantaranya dengan meningkatan sinergitas antar stakeholder, melakukan pendekatan secara preventif kepada masyarakat terkait dengan peran serta dalam menghadapi bencana, menyiapkan mental dan fisik yang prima dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja, melakukan pelatihan secara internal dan terpadu terhadap personil yang bertugas, melakukan pengecekan secara berkala semua peralatan agar siap pakai.

"Agar mampu mengenali ancaman dan siaga dalam situasi darurat bencana secara tepat, lakukan edukasi kebencanaan dan simulasi latihan penanganan serta dorong dengan latihan kesiapsiagaan dari tingkat yang paling kecil yaitu keluarga, RT, RW, dan seluruh komunitas masyarakat," pungkas Pak Yes