Mei

08

 2023

Banyak Manfaat, Seluruh Jajaran Bakesbangpol Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD)

 bakesbang
 241
 08-Mei-2023

Bakesbangpol kedatangan petugas dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lamongan pada Senin (8/5). Kedatangan mereka bertujuan untuk melakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

IKD atau Digital ID adalah informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan.

IKD menjadi salah satu inovasi Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri untuk digitalisasi dokumen kependudukan yang saat ini digunakan oleh penduduk Indonesia ke dalam handphone baik itu berupa foto, ataupun QR Code.

Dengan adanya IKD, diharapkan instansi pemerintah dapat mengurangi ketergantungan terhadap kebutuhan fotokopi KTP dalam melayani masyarakat. IKD juga memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi pelayanan publik atau privat hanya bermodalkan gawai mereka.

Keunggulan lainnya adalah masyarakat menjadi tidak perlu kembali ketika lupa membawa KTP fisik ketika mereka sudah memiliki IKD yang teraktivasi. Ketika Disdukcapil atau kecamatan setempat kehabisan blangko pun, masyarakat tidak perlu lagi menunggu blangko dikirim atau membawa-bawa surat keterangan identitas.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023